PENGARUH LAMA WAKTU DAN MEDIA PEMBELAJARAN
DARING TERHADAP STRES AKADEMIK REMAJA PUTRI
DI MASA PANDEMI COVID-19
PENGARUH LAMA WAKTU DAN MEDIA PEMBELAJARAN
DARING TERHADAP STRES AKADEMIK REMAJA PUTRI
DI MASA PANDEMI COVID-19
2022-06-16
id
Thesis
text
Latar Belakang: Stres akademik adalah suatu kondisi di mana seseorang
mengalami tekanan akademik yang berupa presepsi dan penilaian mengenai stresor
akademik yang berkaitan dengan banyak nya ilmu pengetahuan dan pendidikan
yang harus dikuasai. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi stres akademik
dimasa pandemi covid-19 diantaranya durasi belajar dan media pembelajaran yang
dipilih.
Tujuan: Diketahuinya pengaruh lama waktu dan media pembelajaran terhadap
stres akademik remaja putri dimasa pandemic Covid-19.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain
cross sectional. Subjek penelitian ini adalah remaja putri di Poltekkes Kemenkes
Yogyakarta sebanyak 138 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik
snowball sampling. Pengaruh yang diteliti antara lain lama waktu dan media
pembelajaran. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Analisis data menggunakan
ANOVA Two-Way dan regresi logistik.
Hasil: Variabel yang berpengaruh terhadap stres akademik adalah lama waktu
(p=0.030) dan media pembelajaran (p=0,020). Media pembelajaran merupakan
variabel yang berpengaruh negatif secara signifikan dengan nilai OR 0,460
Kesimpulan: Varibel yang berpengaruh terhadap stres akademik adalah lama
waktu dan media pembelajaran. Variabel yang mempunya pengaruh negatif
terhadap stres akademik adalah media pembelajaran.
Kata Kunci: Lama Waktu, Media Pembelajaran, Stres Akademik