PENGARUH LAMA WAKTU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP STRES AKADEMIK REMAJA PUTRI DI MASA PANDEMI COVID-19

PENGARUH LAMA WAKTU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP STRES AKADEMIK REMAJA PUTRI DI MASA PANDEMI COVID-19
2022-06-16
en
Thesis
text
Latar Belakang: Stres akademik adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami tekanan akademik yang berupa presepsi dan penilaian mengenai stresor akademik yang berkaitan dengan banyak nya ilmu pengetahuan dan pendidikan yang harus dikuasai. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi stres akademik dimasa pandemi covid-19 diantaranya durasi belajar dan media pembelajaran yang dipilih. Tujuan: Diketahuinya pengaruh lama waktu dan media pembelajaran terhadap stres akademik remaja putri dimasa pandemic Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah remaja putri di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebanyak 138 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Pengaruh yang diteliti antara lain lama waktu dan media pembelajaran. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Analisis data menggunakan ANOVA Two-Way dan regresi logistik. Hasil: Variabel yang berpengaruh terhadap stres akademik adalah lama waktu (p=0.030) dan media pembelajaran (p=0,020). Media pembelajaran merupakan variabel yang berpengaruh negatif secara signifikan dengan nilai OR 0,460 Kesimpulan: Varibel yang berpengaruh terhadap stres akademik adalah lama waktu dan media pembelajaran. Variabel yang mempunya pengaruh negatif terhadap stres akademik adalah media pembelajaran. Kata Kunci: Lama Waktu, Media Pembelajaran, Stres Akademik