GAMBARAN PERILAKU MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
GAMBARAN PERILAKU MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2021-04-26
en
Thesis
text
Latar Belakang: Perilaku menyikat gigi pada anak harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari tanpa ada perasaan terpaksa. Kemampuan menyikat gigi secara baik dan benar merupakan faktor yang cukup penting untuk perawatan kesehatan gigi dan mulut. Keberhasilan menyikat gigi juga dipengaruhi oleh faktor penggunaan alat, metode menyikat gigi, sert frekuensi dan waktu menggosok gigi yang tepat.
Tujuan: Diketahui gambaran perilaku menyikat gigi pada siswa Sekolah dasar.
Metode: jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Observasional yaitu penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan fenomena yang ditemukan dengan rencana membagikan kuesioner ke siswa SD IT Generasi Mulia melalui Online. Pengambilan sampel menggunakan teknik Quota Sampling yang berjumlah 187 siswa namun siswa yang masuk dalam kriteria hanya berjumlah 34 siswa dengan usia 8-10 tahun. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Pengambilan sampel dengan cara memberikan kuesioner untuk mengetahui perilaku menyikat gigi.
Hasil: hasil penelitian menunjukan sebagai besar rsponden berjenis kelamin laki-laki 23 siswa (67,6%) dan jenis kelamin perempuan 11 siswa (32,4%). Berdasarkan usia terdapat responden umur 8 tahun 1 siswa (2,9%), umur 9 tahun sebanyak 23 siswa (67,6%), kemudian usia 10 tahun sebanyak 10 siswa (29,4%). Berdasarkan penilaian perilaku menyikat gigi terdapat tiga kategori Baik sebanyak 13 siswa (38,2%), kategori Cukup sebanyak 21 siswa (61,8%), dan kategori jelek tidak ada.
Kesimpulan: siswa-siswa kelas III SD IT Generasi Mulia memiliki perilaku menyikat gigi Cukup.
Kata kunci: perilaku, menyikat gigi