PENGARUH EDUKASI MEDIA TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA REMAJA SMP
PENGARUH EDUKASI MEDIA TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA REMAJA SMP
2022-04-20
en
Thesis
text
Latar Belakang : Remaja putri adalah kelompok rawan terhadap defisiensi gizi khususnya zat besi. Anemia pada remaja putri dapat menyebabkan menurunnya prestasi karena sulit konsenstrasi dan cepat lelah saat beraktifitas di sekolah. Edukasi media TikTok bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan tentang anemia sehingga remaja putri dapat memperkaya pengetahuan tentang anemia.
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan media TikTok terhadap pengetahuan tentang anemia pada remaja di SMP.
Metode penelitian : Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian pre test and post test with control group design. Sampel penelitian adalah siswi kelas VIII dan dilaksanakan di SMP N 1 Godean dan SMP N 2 Godean pada tahun 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi, sehingga terpilih siswa kelas VIII. Sampel minimal dalam penelitian ini yaitu 72 siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan menggunakan metode Wilcoxon.
Hasil : Nilai rata-rata untuk kelompok TikTok sebesar 73,22 dan setelah diberikan intervensi rata-rata meningkat menjadi 87,08. Sementara rata-rata untuk kelompok leaflet sebesar 71,47 dan setelah diberikan intervensi rata-rata meningkat menjadi 80,44.
Kesimpulan : media TikTok lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai anemia dibandingkan media leaflet.
Kata Kunci : Remaja SMP, Pengetahuan Anemia, TikTok