Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Makanan Siap Saji (Fast Food) pada Remaja di SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta
Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Makanan Siap Saji (Fast Food) pada Remaja di SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta
2022-04-13
id
Thesis
text
Latar Belakang: Fast food adalah istilah informal yang digunakan untuk menyebut makanan tertentu yang dianggap sedikit atau tidak memiliki nilai gizi. Secara selera, fast food yang tinggi lemak, garam, dan gula, termasuk zat aditif dan zat adiktif sintetis, dapat menyebabkan banyak penyakit ringan hingga berat, seperti obesitas, diabetes, rematik, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan kanker. Penyakit degeneratif saat ini tidak hanya menyerang orang tua tetapi juga anak muda. Berdasarkan pola makan remaja, makanan cepat saji dipilih karena banyaknya kegiatan, bangun terlambat, dan malas sarapan. Selain itu, pilihan makanan remaja tidak lagi didasarkan pada nilai gizi, tetapi untuk sosialisasi. Oleh karena itu, mereka memilih makanan cepat saji, karena penyajiannya cepat, hemat waktu, bisa dihidangkan kapan saja, di mana saja.
Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan dan perilaku konsumsi makanan siap saji (fast food) pada remaja di SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan oleh remaja di SMA N 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta pada bulan Oktober 2021 – Maret 2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 orang. Analisa data menggunakan uji analisis univariat.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian terhadap pengetahuan remaja tentang konsumsi konsumsi makanan cepat saji (fast food) diperoleh bahwa pada umumnya remaja memiliki pengetahuan baik (68,2%), sedangkan hasil penelitian terhadap perilaku remaja diketahui bahwa pada umumnya remaja memiliki perilaku cukup (55,7%).
Kesimpulan: perilaku siswa yang menunjukkan ke arah positif dapat dipengaruhi oleh pengetahuan siswa yang dalam penelitian ini termasuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: Fast Food, Remaja, Pengetahuan, Prilaku