EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI
PADA ANAK SEKOLAH DASAR
EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI
PADA ANAK SEKOLAH DASAR
2022-05-18
id
Thesis
text
Latar belakang : Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan pada 10 siswa anak sekolah dasar dengan wawancara dan pemeriksaan langsung diperoleh data bahwa 83% siswa mengalami karies gigi dan 91% siswa belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang karies gigi. Media buku cerita bergambar dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar.
Tujuan Penelitian : Diketahuinya efektivitas penyuluhan menggunakan media buku cerita bergambar terhadap tingkat pengetahuan karies gigi pada anak sekolah dasar.
Metode Penelitian : Penelitian ini quasi eksperimen dengan rancangan Non-Equivalent Control Group. Populasinya adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN 2 Panjangrejo. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian yaitu 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney.
Hasil Penelitian : Nilai rerata pengetahuan kelompok eksperimen sebelum diberikan penyuluhan menggunakan media buku cerita bergambar mencapai 9,23 dan pengetahuan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah mencapai 11,73. Nilai rerata pengetahuan kelompok ekperimen sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media buku cerita bergambar mencapai 12,97 dan pengetahuan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah mencapai 12,70 . Kesimpulan : Penyuluhan menggunakan media buku cerita bergambar efektif meningkatkan pengetahuan tentang karies gigi pada anak sekolah dasar di SDN 2 Panjangrejo.
Kata Kunci : penyuluhan, buku cerita bergambar, pengetahuan