LEMBAR MEWARNAI SEBAGAI MEDIA EDUKASI GIZI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENTINGNYA SARAPAN PADA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI WADUK KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL

LEMBAR MEWARNAI SEBAGAI MEDIA EDUKASI GIZI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENTINGNYA SARAPAN PADA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI WADUK KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL
2019-06-20
en
Thesis
text
Latar Belakang: Sarapan merupakan kegiatan untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.Masih banyak anak yang tidak terbiasa sarapan sehat.Kurangnya pendidikan gizi tentang makanan yang baik bagi anak menyebabkan perilaku salah dalam mengkonsumsi zat gizi.Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, salah satunya adalah memeberikan pendidikan gizi melalui media.Media pendidikan gizi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah lembar mewarnai. Tujuan Penelitian: Mengetahui apakah lembar mewarnai sebagai media edukasi gizi dapat meningkatkan pengetahuan pentingnya sarapan pada siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri Waduk Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi eksperimental) dengan rancangan one-group pretest-posttest design.Penelitian ini dilaksanakan bulan Juni 2019.Populasi studi penelitian ini adalah siswa kelas rendah SD N Waduk. Sampel dengan jumlah 35 siswa.Analisis data menggunakan paired t-test. Hasil Penelitian: Rata-rata skor pengetahuan sebelum diberi penyuluhan menggunakan media lembar mewarnai sebesar 5,08.Sedangkan rata-rata skor pengetahuan setelah diberi penyuluhan menggunakan media lembar mewarnai sebesar 6.Terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan antara rerata pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan media lembar mewarna (p=0,001). Kesimpulan: Lembar mewarnai sebagai media edukasi gizi dapat meningktakkan pengetahuan pentingnya sarapan pada siswa kelas rendah. Kata Kunci : media lembar mewarnai, pengetahuan, sarapan.