EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA REMAJA SMA
EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA REMAJA SMA
2022-06-14
en
Thesis
text
EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG REMAJA SMA
Sunarty Dwi R1, Nugraheni Tri Lestari2, Tri Siswati³
¹²³Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman
Email : Sunarty.cumil19@gmail.com, nugrahenigizi@gmail.com, trisiwati14@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang: salah satu faktor yang menyebabkan masalah gizi pada anak remaja ialah kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Edukasi mengenai gizi seimbang merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan gizi. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan gizi dengan memberikan edukasi melalui media sosial seperti Instagram.
Tujuan: Mengetahui efektivitas penyampaian pengetahuan gizi seimbang menggunakan media sosial Instagram terhadap pengetahuan gizi seimbang pada siswa SMA.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan desain pretest posttest with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07-28 Maret 2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 yang dilaksanakan di SMAN 1 Sewon dan SMAN 1 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga terpilih siswa kelas 10 dan 11. Sampel minimal pada penelitian ini adalah 70 siswa. Variable terikat pada penelitian ini adalah pengetahuan siswa dan variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian edukasi gizi seimbang pada remaja menggunakan media sosial Instagram dan e-poster. Analisis data menggunakan metode Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Data pengetahuan gizi diperoleh menggunakan kuisioner.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada penaikkan rata-rata nilai pengetahuan untuk kelompok Instagram dari 62,47 menjadi 69,35 dengan p value= ,006, sedangkan untuk kelompok e-poster dari 70,94 menjadi 73,23 dengan p value= ,161. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa varibel pengetahuan menggunakan media Instagram mendapatkan peningkatan rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan media e-poster, maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh pada penggunaan media Instagram terhadap pengetahuan siswa mengenai pengetahuan gizi seimbang pada remaja.
Kata Kunci: Remaja, Pengetahuan, Gizi Seimbang, Instagram