HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANC TERPADU DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS SEDAYU II

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANC TERPADU DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS SEDAYU II
2022-07-06
en
Thesis
text
Latar Belakang: Pelayanan Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di puskesmas memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak, salah satunya memberikan pelayanan Antenatal Care (ANC) Terpadu 10 T bagi ibu selama hamil. Kualitas pelayanan ANC memiliki peran yang cukup besar dalam mencegah kematian ibu dan anak. Kualitas pelayanan berhubungan dengan kepuasan. Kepuasan adalah tingkat keadaan yang dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. Puskesmas Sedayu II merupakan puskesmas dengan penurunan jumlah kunjungan K1 di tiga tahun terakhir. Penurunan dari tahun 2019 hingga 2021 yaitu 9,64%. Tujuan: Diketahuinya hubungan antara kualitas pelayanan ANC terpadu dengan tingkat kepuasan ibu hamil di Puskesmas Sedayu II. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaf pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2022. Sampel dalam penelitian adalah ibu hamil yang melakukan ANC terpadu di Puskesmas Sedayu II dengan jumlah 31 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel penelitian adalah tingkat kualitas pelayanan ANC terpadu dan Kepuasan ibu hamil. Penelitian ini menggunakan analisis data univariat dengan distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan Kendall Tau Test. Hasil: Penelitian menunjukkan karakteristik responden adalah sebagian besar berada pada usia 20-35 tahun (94%), berpendidikan menengah (74%), tidak bekerja (77%). Hasil penelitiaan menunjukkan kualitas pelayanan ANC terpadu yang diterima responden adalah baik (97%) dan merasa puas(97%). Selanjutnya hasil uji statistic hubungan kualitas layanan ANC terpadu dengan tingkat kepuasan didapatan mayoritas responden yang mendapatkan layanan baik merasa puas (96,7%) dengan nilai