PENGARUH MEDIA VIDEO DALAM PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI
PENGARUH MEDIA VIDEO DALAM PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI
2022-09-29
en
Thesis
text
Latar Belakang: Salah satu faktor yang menyebabkan anemia adalah rendahnya pengetahuan dan pemahaman gizi tentang anemia. Pendidikan gizi merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan, salah satunya adalah memberikan penyuluhan anemia kepada remaja putri. Peningkatan pengetahuan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah media. Media video memiliki kelebihan yaitu bisa melibatkan semua panca indera, sehingga membantu sasaran dalam memahami pesan yang disampaikan.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian media video “Stop Anemia, Remaja Putri” terhadap peningkatan pengetahuan tentang anemia melalui penyuluhan pada remaja putri di Padukuhan Gempol,Kelurahan Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman.
Metode: Penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan pretest posttest with control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2022. Populasi studi penelitian ini adalah remaja putri di Karang Taruna Padukuhan Gempol,Kelurahan Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, sebanyak 70 remaja putri.Sampel dengan jumlah 30 orang untuk kelompok ekperimental dan kontrol. Analisis data menggunakan independent sample t-test.
Hasil : Pengetahuan anemia remaja putri mengalami peningkatan secara signifikan (p=0,001) setelah dilakukan penyuluhan menggunakan media video “Stop Anemia, Remaja Putri” lebih besar (18,67) dibandingkan penyuluhan menggunakan media slide (11,00).
Kesimpulan : Media video “Stop Anemia, Remaja Putri” berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang anemia melalui penyuluhan, dibandingkan media slide.
Kata Kunci : media video, pengetahuan anemia, remaja putri