HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENCABUTAN GIGI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK GIGI SWASTA
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENCABUTAN GIGI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK GIGI SWASTA
2022-07-07
en
Thesis
text
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENCABUTAN GIGI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK GIGI SWASTA
Angeli Grisella*, Dwi Suyatmi, Sutrisno Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Kyai Mojo No. 56 Pingit, Yogyakarta, 55243 Email : angeli.grisella29@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang: Kualitas pelayanan pencabutan gigi erat hubungannya dengan kepuasan pasien hal ini membuat klinik gigi perlu memberikan kualitas pelayanan yang baik sehingga pasien merasa nyaman dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapatkan data, 50% responden menyatakan cukup baik, serta tingkat kepuasan pasien didapatkan data 40% responden menyatakan kurang puas.
Tujuan: Diketahui adanya hubungan kualitas pelayanan pencabutan gigi dengan kepuasan pasien di klinik gigi swasta.
Metode: Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan design penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Juli 2022. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling yang berjumlah 60 responden. Tenik pengumpulan data menggunakan kuesioner (google form). Analisis data menggunakan Kendall’s Tau.
Hasil: Kualitas pelayanan pencabutan gigi kategori cukup baik sebanyak 26 responden (43,3%). Kepuasan pasien kategori cukup puas sebanyak 24 responden (40,0%). Hasil uji Kendall’s Tau memiliki nilai koefisiensi korelasi 0,754 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan pencabutan gigi berhubungan dengan kepuasan pasien di klinik gigi swasta.
Kata Kunci: Kualitas, pelayanan, pencabutan gigi, kepuasan