PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOK TERHADAP PENGETAHUAN MALOKLUSI DAN MINAT PENGGUNAAN ORTHODONTI PADA REMAJA

PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOK TERHADAP PENGETAHUAN MALOKLUSI DAN MINAT PENGGUNAAN ORTHODONTI PADA REMAJA
2022-12-28
en
Thesis
text
Latar Belakang : Berdasarkan laporan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2018, prevalensi maloklusi di Indonesia masih sangat tinggi sekitar 80% dari jumlah penduduk, maka maloklusi seharusnya dicegah dan ditangani. Diperlukan adanya promosi dalam peningkatan pengetahuan masyarakat dalam bidang perawatan ortodonti. Promosi menggunakan media e-book adalah salah satu cara meningkatkan pengetahuan dan minat perawatan ortodonti. Tujuan : Diketahuinya pengaruh promosi menggunakan media e-book terhadap pengetahuan maloklusi dan minat perawatan orthodonti. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan Non Equevalent Control Group, pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 70 responden sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu: kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan di bulan Oktober 2022. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Banguntapan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Uji Mann-Whitney U. Hasil: Pengetahuan dan minat pada kelompok perlakuan sebelum diberikan promosi menggunakan media e-book yaitu 62,8% dengan kriteria sedang, setelah diberikan promosi menggunakan media e-book pengetahuan dan minat siswa meningkat menjadi 54,2% dengan kriteria baik. Pengetahuan dan minat pada kelompok kontrol sebelum diberikan promosi menggunakan media leaflet yaitu 68,5% dengan kriteria sedang, sedangkan setelah diberikan promosi pengetahuan dan minat siswa yaitu 42,8% kriteria sedang. Hasil Uji Mann Whitney U pada variabel pengetahuan di peroleh nilai p-value 0,001 yang berarti adanya pengaruh yang bermakna antara kelompok perlakuan dan kontrol pada variabel pengetahuan. Variabel minat menggunakan uji Mann Whitney U memperoleh nilai p-value 0,003 yang berarti adanya pengaruh yang bermakna antara kelompok perlakuan dan kontrol pada variabel minat. Kesimpulan: Terdapat pengaruh promosi menggunakan media e-book terhadap tentang pengetahuan maloklusi dan minat menggunakan orthodonti Kata Kunci: Promosi, Orthodonti, E-Book, Pengetahuan, Minat