PERBEDAAN PENYULUHAN TENTANG PENGETAHUAN CARA
MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR MENGGUNAKAN
MEDIA PHANTOM GIGI DAN FLIPCHART PADA
ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI
PERBEDAAN PENYULUHAN TENTANG PENGETAHUAN CARA
MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR MENGGUNAKAN
MEDIA PHANTOM GIGI DAN FLIPCHART PADA
ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI
2022-11-28
id
Thesis
text
Latar Belakang :Masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia adalah sebesar
25,9% dan prilaku menyikat gigi dengan sebesar 2,8%. Rendahnya perilaku
menyikat gigi dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, sikap, prilaku memelihara
kesehatan gigi. Salah satu pencegahan kesehatan gigi dan mulut yaitu melalui
penyuluhan. Penyuluhan dapat dilakukan dengan media seperti phantom gigi dan
flipchart.
Tujuan Penelitian : Diketahui perbedaan penyuluhan pengetahuan tentang cara
menyikat gigi yang baik dan benar menggunakan media phantom gigi dan flipchart
pada anak sekolah dasar negeri.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment, Penelitian ini
dilaksanakan di SD Patran Banyuraden pada bulan Juni 2022. Jumlah sampel yaitu
43 siswa kelas 1 dan ll yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling.
Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil
Penelitian : Tingkat pengetahuan menyikat gigi sebelum penyuluhan
menggunakan media phantom gigi dengan kriteria pengetahuan sedang (40%) dan
setelah penyuluhan menjadi kriteria baik (70%). Tingkat pengetahuan menyikat
gigi sebelum penyuluhan menggunakan media flipchart dengan kriteria sedang
(30,5%) dan setelah penyuluhan menjadi kriteria baik (69,6%).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan penyuluhan tentang menyikat gigi menggunakan
media phantom gigi dan flipchart pada anak sekolah dasar.
Kata Kunci : Pengetahuan, penyuluhan, phantom gigi, flipchart