PERBEDAAN PENYULUHAN TENTANG PENGETAHUAN CARA MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR MENGGUNAKAN MEDIA PHANTOM GIGI DAN FLIPCHART PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI

PERBEDAAN PENYULUHAN TENTANG PENGETAHUAN CARA MENYIKAT GIGI YANG BAIK DAN BENAR MENGGUNAKAN MEDIA PHANTOM GIGI DAN FLIPCHART PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI
2022-11-28
id
Thesis
text
Latar Belakang :Masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia adalah sebesar 25,9% dan prilaku menyikat gigi dengan sebesar 2,8%. Rendahnya perilaku menyikat gigi dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, sikap, prilaku memelihara kesehatan gigi. Salah satu pencegahan kesehatan gigi dan mulut yaitu melalui penyuluhan. Penyuluhan dapat dilakukan dengan media seperti phantom gigi dan flipchart. Tujuan Penelitian : Diketahui perbedaan penyuluhan pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar menggunakan media phantom gigi dan flipchart pada anak sekolah dasar negeri. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment, Penelitian ini dilaksanakan di SD Patran Banyuraden pada bulan Juni 2022. Jumlah sampel yaitu 43 siswa kelas 1 dan ll yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan menyikat gigi sebelum penyuluhan menggunakan media phantom gigi dengan kriteria pengetahuan sedang (40%) dan setelah penyuluhan menjadi kriteria baik (70%). Tingkat pengetahuan menyikat gigi sebelum penyuluhan menggunakan media flipchart dengan kriteria sedang (30,5%) dan setelah penyuluhan menjadi kriteria baik (69,6%). Kesimpulan: Terdapat perbedaan penyuluhan tentang menyikat gigi menggunakan media phantom gigi dan flipchart pada anak sekolah dasar. Kata Kunci : Pengetahuan, penyuluhan, phantom gigi, flipchart