PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2022-10-31
en
Thesis
text
Latar Belakang : Usia anak Sekolah Dasar merupakan masa yang paling rentan terhadap terjadinya karies atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya. Melakukan promosi menggunakan media video animasi sangat efektif untuk siswa sekolah dasar, karena video animasi mempunyai karakter tokoh, suara dan cerita yang menarik sehingga bisa menghibur sekaligus mudah dipahami.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh promosi menggunakan media video animasi terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa sekolah dasar.
Metode Penelitian : Jenis penelitian Quasy Experiment Design atau Eksperimen Semu. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan dengan kriteria baik sebelum dan sesudah promosi pada kelompok kontrol adalah 5 orang (15,1%) menjadi 21 orang (63,6%). Sebelum dan sesudah promosi pada kelompok eksperimen dari 7 orang (21,2%) menjadi 30 orang (90,9%). Persentase selisih tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan katagori baik pada kelompok eksperimen adalah 69,7% dan kelompok kontrol 48,5%. Hasil analisis dengan uji Wilcoxon Test menunjukkan kedua kelompok memiliki perbedaan bermakna dengan p=0,00 (p<0,05).
Kesimpulan : Ada pengaruh media video animasi tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa sekolah dasar.
Kata Kunci : Video animasi, pengetahuan, kesehatan gigi dan mulut, siswa sekolah dasar.