PENGARUH PEMUTARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DALAM PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI SEKOLAH DASAR
PENGARUH PEMUTARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DALAM PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI SEKOLAH DASAR
2018-07-04
en
Thesis
text
Lingkungan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia. Penyakit berbasis lingkungan salah satunya yaitu DBD, ISPA, diare, malaria, dan lain sebagainya. Pada tahun 2016 kasus DBD di Kabupaten Bantul sebanyak 2.186 kasus yang berakibat 4 orang meninggal dunia. Salah satu upaya penanggulangan DBD yaitu dengan melakukan PSN dan 3M. Siswa sekolah dasar yang berumur 7-13 belum tahu tentang bagaimana menjaga kesehatan dan lingkungan yang ada disekitarnya. Pada usia tersebut anak -anak mudah sekali terkena penyakit dikarenakan daya tubuhnya yang masih rentan. Sehingga perlunya dilakukan penyuluhan terkait dengan pencegahan DBD terhadap siswa sekolah dasar. Salah satu media pembelajaran siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa yaitu dengan menggunakan video animasi dan Ms.Powerpoint. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh pemutaran video animasi dan Ms.Powerpoint terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa dalam pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di SDN 2 Padokan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas VB sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas VC sebagai kelompok kontrol berjumlah 29 siswa dari SDN 2 Padokan. Data Analisis penelitian dianalisis menggunakan Wilcoxon dan Independent T-Test. Hasil uji menggunakan Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna Pemutaran video animasi dan Ms.Powerpoint terhadap tingkat pengetahuan siswa dengan nilai p value < 0,001. Selain itu, video animasi memiliki pengaruh terhadap sikap siswa dengan nilai p value 0,007. Sedangkan untuk Ms.Powerpoint tidak ada pengaruh terhadap tingkat sikap siswa dengan nilai p value 0,072. Video animasi lebih efektif dibandingkan Ms.Powerpoint dalam meningkatakan pengetahuan siswa.