PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN JARINGAN PERIODONTAL PADA SISWA SMP
PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN JARINGAN PERIODONTAL PADA SISWA SMP
2022-12-20
en
Thesis
text
PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN JARINGAN PERIODONTAL
PADA SISWA SMP
Ary Sukmaningsih*, Wiworo Haryani, Aryani Widayati
Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Jl. Kyai Mojo No. 56 Pingit Yogyakarta
*Email : arysukmaningsih@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang : Berdasarkan laporan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2018 sebanyak 73,1% masyarakat Indonesia mengalami permasalahan kesehatan gigi dan mulut berupa periodontitis, sebesar 0,03% mengalami poket dalam dan sebesar 0,74% mengalami perdarahan gusi. Diperlukan adanya penyuluhan untuk meningkatan pengetahuan tentang jaringan periodontal. Penyuluhan menggunakan media video adalah salah satu cara meningkatkan pengetahuan tentang jaringan periodontal
Tujuan : Diketahuinya pengaruh penyuluhan menggunakan media video terhadap pengetahuan jaringan periodontal pada siswa SMP.
Metode : Menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan rancangan pretest posttest group design. Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dlingo dengan jumlah sampel 66 siswa untuk masing-masing kelompok yang diambil dengan Teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas Wilcoxon Signed Rank Test dan Uji Mann-Whitney U
Hasil : Peningkatan pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum diberikan penyuluhan menggunakan media e-leaflet sebesar 21.2% dan setelah penyuluhan menggunakan media e-leaflet sebesar 47%. Peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan sebelum diberikan penyuluh menggunakan media video sebesar 33,3% dan setelah penyuluhan dengan media video sebesar 89,4%. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna dengan nilai signifikansi p=0,000. Hasil uji Mann-Whitney U diperoleh nilai signifikansi 0,011 menunjukkan penggunaan media video lebih efektif dari media e-leafllet dalam peningkatan pengetahuan jaringan periodontal.
Kesimpulan : Ada pengaruh penyuluhan menggunakan media video terhadap peningkatan pengetahuan jaringan periodontal pada siswa SMP.
Kata Kunci : Penyuluhan, media video, media e-leaflet, pengetahuan, jaringan periodontal