HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN
PERKEMBANGAN BAYI USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS
BANJAREJO MADIUN
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN
PERKEMBANGAN BAYI USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS
BANJAREJO MADIUN
2022-11-17
en
Thesis
text
Latar Belakang : Gangguan pertumbuhan dan perkembangan merupakan
masalah yang serius bagi negara maju maupun negara berkembang di dunia. Pada
dasarnya, setiap anak akan melewati proses tumbuh kembang sesuai dengan
tahapan usianya, akan tetapi banyak faktor yang memengaruhinya.
Perkembangan motorik bayi pada tahun-tahun pertama kehidupan begitu pesat
dan yang berperan utama dalam pengasuhan bayi adalah ibu. Pola pengasuhan
yang diterapkan oleh ibu terhadap anak bergantung pada pendidikan dan
pengalaman ibu.
Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan
bayi usia 6-12 bulan di Puskesmas Banjarejo Madiun.
Metode : Penelitian ini survey atau observasional dengan desain cross sectional.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022. Populasi penelitian ini
adalah bayi usia 6-12 bulan beserta ibunya. Sampel dengan jumlah 54 orang.
Analisis data menggunakan chi-square.
Hasil : Angka gangguan perkembangan (tidak sesuai) bayi dari ibu yang
berpendidikan rendah sebesar 60 %, sedangkan dari ibu yang berpendidikan
tinggi sebesar 15,9 %. Jauh lebih rendah dibandingkan dengan ibu yang
berpendidikan rendah. Berdasarkan uji korelasi chi Square dengan tingkat
kemaknaan α 0,05 didapatkan hasil 0,003. Hasil penelitian menunjukkan adanya
hubungan tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan bayi.
Kesimpulan : Adanya hubungan tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan
bayi usia 6-12 bulan di Puskesmas Banjarejo Madiun.
Kata Kunci : pendidikan ibu, perkembangan bayi