HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN PERKEMBANGAN BAYI USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS BANJAREJO MADIUN

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN PERKEMBANGAN BAYI USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS BANJAREJO MADIUN
2022-11-17
en
Thesis
text
Latar Belakang : Gangguan pertumbuhan dan perkembangan merupakan masalah yang serius bagi negara maju maupun negara berkembang di dunia. Pada dasarnya, setiap anak akan melewati proses tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usianya, akan tetapi banyak faktor yang memengaruhinya. Perkembangan motorik bayi pada tahun-tahun pertama kehidupan begitu pesat dan yang berperan utama dalam pengasuhan bayi adalah ibu. Pola pengasuhan yang diterapkan oleh ibu terhadap anak bergantung pada pendidikan dan pengalaman ibu. Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan bayi usia 6-12 bulan di Puskesmas Banjarejo Madiun. Metode : Penelitian ini survey atau observasional dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022. Populasi penelitian ini adalah bayi usia 6-12 bulan beserta ibunya. Sampel dengan jumlah 54 orang. Analisis data menggunakan chi-square. Hasil : Angka gangguan perkembangan (tidak sesuai) bayi dari ibu yang berpendidikan rendah sebesar 60 %, sedangkan dari ibu yang berpendidikan tinggi sebesar 15,9 %. Jauh lebih rendah dibandingkan dengan ibu yang berpendidikan rendah. Berdasarkan uji korelasi chi Square dengan tingkat kemaknaan α 0,05 didapatkan hasil 0,003. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan bayi. Kesimpulan : Adanya hubungan tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan bayi usia 6-12 bulan di Puskesmas Banjarejo Madiun. Kata Kunci : pendidikan ibu, perkembangan bayi