Pengaruh Metode Belajar terhadap Pengetahuan dan sikap SMA tentang Stigma HIV/AIDS di Kulon Progo
Pengaruh Metode Belajar terhadap Pengetahuan dan sikap SMA tentang Stigma HIV/AIDS di Kulon Progo
2015-04-13
en
Conference or Workshop Item
text
Latar Belakang. HIV dan AIDs merupakan masalah Global yang mendunia. Penderita HIV dan AIDS sering mendapat stigma negatif dari anggapan masyarakat sebagai akibat penyimpangan perilaku dari norma. Stigma negatif berkaitan dengan pengetahuan yang kurang tentang penyakit.
Tujuan. Penelitain ini bertujuan untuk mengatahui pengaruih metiode belajar terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMA tentang stigma penderita HIV dan AIDS di Kulon Progi Yogyakarta.
Metode . Metode Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan pendekatan prep-post group desian. Saampel penelitian ini berjumlah 93 SMA berasal dari tiga sekolah di Kabupaten Kulon Progo yang diambil secara cluster sampling. Masing-masing kelompok dilakukan pembelajaran tentang penderita HIV/AIDS dengan metode belajar yang berbeda yaitu metode peer education, focus group discussion (FGD) dan diskusi. Data Pengetahuan dan sikap dikumpulkan dengan kueisiner sebelum dan sesudah intervensi pembelajaran.
Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh intervensi metode pembelajaran terhadap pengetahuan siswa SMA tentang stigma penderita HIV/AIDS sebelum dan sesudah intervensi (0,05) dan ada pengaruh pembelajaran peer education dan diskusi terhadap sikap siswa SMA tentang HIV/AIDS sebelum dan sesudah intervensi.
Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh intervensi metode pembelajaran terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMA tentang stigma penderita HIV/AIDS sebelum dan sesudah intervensi