KAJIAN SANITASI TOILET DAN KEPUASAN PENUMPANG PENGGUNA TOILET DI BUS AKAP (ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI) “P” YOGYAKARTA TAHUN 2018
KAJIAN SANITASI TOILET DAN KEPUASAN PENUMPANG PENGGUNA TOILET DI BUS AKAP (ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI) “P” YOGYAKARTA TAHUN 2018
2018-05-24
en
Thesis
text
Tempat-tempat umum memiliki potensi sebagai tempat terjadinya penularan penyakit, pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Perlu dilakukan upaya melindungi, memelihara dan mewujudkan lingkungan sehat pada sanitasi transportasi sebagai sarana dan bangunan umum. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pengendalian faktor resiko penyebab timbulnya penyakit, yaitu salah satunya dengan melakukan inspeksi pada transportasi bus khususnya sanitasi toilet bus. Berdasarkan pengamatan peneliti sebelumnya menggunakan toilet di bus AKAP “P” Yogyakarta kondisi sanitasi toilet tersebut masih belum terjaga kebersihannya, sehingga terlihat kotor dan berbau tidak sedap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fasilitas sanitasi toilet dengan kepuasan penumpang pengguna toilet di Bus AKAP “P” Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei observasi dengan pendekatan cross sectional atau pengumpulan data mengenai kondisi fasilitas sanitasi toilet dan kepuasan penumpang pengguna toilet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang pada 5 Bus AKAP “P” jurusan Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta-Bandung, Yogyakarta-Merak, Yogyakarta-Bogor dan Yogyakarta-Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah penumpang pengguna toilet Bus AKAP “P” Yogyakarta yang bersedia menjadi responden yaitu sebanyak 62 orang penumpang. Sampel diambil dengan menggunakan metode incidental sampling. Teknik penentuan sampling berdasarkan kebetulan /insidental bertemu dengan peneliti yang berada pada bus AKAP “P” Yogyakarta. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keadaan kondisi fasilitas sanitasi toilet pada 5 Bus AKAP “P” Yogyakarta yaitu Tidak Laik Sehat sejumlah 4 Bus dan Laik Sehat sejumlah 1 Bus dan tingkat kepuasan penumpang pengguna toilet yaitu Tidak Puas sebanyak 34 orang penumpang dan Puas sebanyak 28 orang penumpang. Saran bagi pihak pengelola Bus AKAP “P” Yogyakarta diharapkan tetap menjaga kebersihan dalam Bus terutama pada fasilitas toilet agar lebih nyaman saat digunakan dan tidak menimbulkan bau yang kurang sedap juga melakukan perbaikan dengan cepat ketika ada fasilitas toilet yang rusak.