FREKUENSI BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS NGLEMPONGSARI SLEMAN

FREKUENSI BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS NGLEMPONGSARI SLEMAN
2018-07-10
id
Thesis
text
Praktik mencuci tangan pakai sabun perlu diterapkan sejak dini sebagai upaya pencegahan penyakit. Salah satu sasaran utama yang penting adalah siswa Taman Kanak-Kanak. Penyuluhan dapat diterima jika suasana dalam kondisi yang tenang dan menyenangkan. Bernyanyi merupakan media yang tepat dalam penyuluhan atau penyampaian informasi untuk siswa Taman Kanak-Kanak, karena bernyanyi dapat menarik perhatian mereka sehingga mempermudah penyampaian pesan. Menghafal yang dilakukan secara berulang dapat mengikat informasi dalam waktu singkat dan memudahkan dalam mengingatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan frekuensi benyanyi 5 kali dan 7 kali terhadap keterampilan cuci tangan pakai sabun. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain two group pre test post test dan berlokasi di TK Al-Ikhlas Nglempongsari Sleman. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas B1 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelompok dengan perlakuan frekuensi bernyanyi 5 kali dan B2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok dengan perlakuan frekuensi bernyanyi 7 kali. Hasil penelitian menunjukan bahwa frekuensi yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan cuci tangan pakai sabun yaitu pada frekuensi 7 kali bernyanyi diikuti gerakan tangan dengan nilai rata-rata selisih sebesar 3,9 sedangkan frekuensi 5 kali bernyanyi diikuti gerakkan tangan didapatkan nilai rata-rata selisih sebesar 1,53 dengan uji statistik menggunakan T Test Bebas diperoleh nilai p-value = 0,00001.