KAJIAN SANITASI DAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI KLINIK NOVA MEDIKA KLATEN TAHUN 2018

KAJIAN SANITASI DAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI KLINIK NOVA MEDIKA KLATEN TAHUN 2018
2018-07-20
id
Thesis
text
Pelayanan kesehatan merupakan upaya yang diselenggarakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan atau masyarakat. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Kepuasan merupakan perasaan kecewa atau senang seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) yang dipikirkan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan, konsumen yang puas akan menjadi pelanggan, berupa promosi dari mulut ke mulut bagi calon konsumen lainnya, yang diharapkan sangat positif bagi klinik. Kepuasan pengunjung salah satunya dipengaruhi oleh kenyamanan pada keadaan sanitasi. Berdasarkan hasil survey pendahuluan keadaan sanitasi di Klinik Nova Medika melalui pengamatan didapatkan informasi bahwa seperti kamar mandi yang terlihat kotor, wastafel yang rusak, penampungan air yang kotor, tidak ada sabun, tissue dan lap tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sanitasi dan kepuasan pengunjung di Klinik Nova Medika. Jenis peneltian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode non probability sampling (accidental sampling) dilakukan dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau bersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks peneliti dengan jumlah pengunjung selama satu bulan 101 responden. Hasil penelitian ini didapatkan pengamatan checklist Keadaan sanitasi di Klinik Nova Medika mendapatkan skore 66,2% <70% sehingga dikategorikaan tidak laik sehat, untuk pengisian kuesioner kepuasan pengunjung didapatkan hasil 23 responden yang menyatakan puas (22,78%) dan 78 responden yang menyatakan tidak puas 77,22%) terhadap sanitasi toilet di Klinik Nova Medika.