KAJIAN SANITASI DAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI KLINIK
NOVA MEDIKA KLATEN TAHUN 2018
KAJIAN SANITASI DAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI KLINIK
NOVA MEDIKA KLATEN TAHUN 2018
2018-07-20
id
Thesis
text
Pelayanan kesehatan merupakan upaya yang
diselenggarakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan,
mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan
kesehatan perseorangan atau masyarakat. Kepuasan pasien
dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Kepuasan merupakan
perasaan kecewa atau senang seseorang yang muncul setelah
membandingkan antara kinerja (hasil) yang dipikirkan terhadap
kinerja (hasil) yang diharapkan, konsumen yang puas akan menjadi
pelanggan, berupa promosi dari mulut ke mulut bagi calon
konsumen lainnya, yang diharapkan sangat positif bagi klinik.
Kepuasan pengunjung salah satunya dipengaruhi oleh
kenyamanan pada keadaan sanitasi. Berdasarkan hasil survey
pendahuluan keadaan sanitasi di Klinik Nova Medika melalui
pengamatan didapatkan informasi bahwa seperti kamar mandi yang
terlihat kotor, wastafel yang rusak, penampungan air yang kotor,
tidak ada sabun, tissue dan lap tangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sanitasi
dan kepuasan pengunjung di Klinik Nova Medika. Jenis peneltian
ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode non probability
sampling (accidental sampling) dilakukan dengan mengambil
responden yang kebetulan ada atau bersedia di suatu tempat
sesuai dengan konteks peneliti dengan jumlah pengunjung selama
satu bulan 101 responden.
Hasil penelitian ini didapatkan pengamatan checklist
Keadaan sanitasi di Klinik Nova Medika mendapatkan skore 66,2%
<70% sehingga dikategorikaan tidak laik sehat, untuk pengisian
kuesioner kepuasan pengunjung didapatkan hasil 23 responden
yang menyatakan puas (22,78%) dan 78 responden yang
menyatakan tidak puas 77,22%) terhadap sanitasi toilet di Klinik
Nova Medika.