HUBUNGAN REMINDER MESSAGE DENGAN KEPATUHAN
KEDATANGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA
WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN
HUBUNGAN REMINDER MESSAGE DENGAN KEPATUHAN
KEDATANGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA
WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN
2023-06-13
en
Thesis
text
ABSTRAK
Latar Belakang: Posyandu lansia merupakan pos pelayanan terpadu untuk
masyarakat khususnya lanjut usia di suatu wilayah tertentu yang disepakati dan
digerakkan oleh masyarakat agar lansia mendapatkan pelayanan kesehatan yang
memadai. Reminder Message merupakan suatu pesan singkat yang dapat menolong
seseorang untuk mengingat suatu informasi tertentu. Kepatuhan adalah ketaatan
pasien pada suatu terapi ataupun perilaku sehat dan mengubah perilaku yang tidak
sehat.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan reminder message dengan kepatuhan
kedatangan lansia ke posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Pajangan.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan
desain penelitian deskriptif (cross sectional) yang dilakukan pada lansia dengan
cara memberikan reminder message melalui WhatsApp berisi informasi tentang
ajakan untuk datang ke posyandu lansia. Responden dalam penelitian ini sebanyak
90 responden lansia. Selanjutnya data dianalisis dengan uji Chi Square dan uji
koefisien kontingensi.
Hasil: Hasil menunjukkan sebelum pemberian reminder message kepatuhan lansia
yaitu 36 responden (40%) meningkat setelah diberikan reminder message menjadi
69 responden (76,7%). Berdasarkan uji chi square didapatkan p value 0,000 dan
hasil koefisien kontingensi sebesar 0,000.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara reminder message dengan
kepatuhan kedatangan lansia ke posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas
Pajangan. Reminder message dapat digunakan sebagai pesan pengingat untuk lansia
agar dapat meningkatkan kepatuhan kedatangan lansia ke posyandu lansia.
Kata kunci: Posyandu lansia, Lansia, Reminder message, Kepatuhan.
ABSTRACT
Background : Elderly Posyandu is an integrated service post for the community,
especially the elderly in a certain area that is agreed upon and driven by the
community so that the elderly get adequate health services. Reminder Message is a
short message that can help someone to remember certain information. Compliance
is patient adherence to a therapy or healthy behavior and changing unhealthy
behavior.
Objective : To know relationship between reminder messages and compliance with
the arrival of the elderly to the elderly Posyandu in the working area of the Pajangan
Health Center.
Methods : This type of research is a non-experimental quantitative research with a
descriptive research design (cross-sectional) conducted on the elderly by giving
reminder messages via WhatsApp containing information about invitations to come
to the elderly Posyandu. Respondents in this study were 90 elderly respondents.
Furthermore, the data were analyzed by Chi Square test and contingency coefficient
test.
Results : The results show that before giving a reminder message for elderly
compliance, namely 36 respondents (40%), it increased after being given a reminder
message to 69 respondents (76.7%). Based on the chi square test, the p value is
0.000 and the contingency coefficient is 0.000.
Conclusion : There is a significant relationship between the reminder message and
compliance with the arrival of the elderly to the elderly Posyandu in the working
area of the Pajangan Health Center.
Keywords : Elderly Posyandu, Elderly, Reminder message, Compliance.