HUBUNGAN REMINDER MESSAGE DENGAN KEPATUHAN KEDATANGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN

HUBUNGAN REMINDER MESSAGE DENGAN KEPATUHAN KEDATANGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAJANGAN
2023-06-13
en
Thesis
text
ABSTRAK Latar Belakang: Posyandu lansia merupakan pos pelayanan terpadu untuk masyarakat khususnya lanjut usia di suatu wilayah tertentu yang disepakati dan digerakkan oleh masyarakat agar lansia mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Reminder Message merupakan suatu pesan singkat yang dapat menolong seseorang untuk mengingat suatu informasi tertentu. Kepatuhan adalah ketaatan pasien pada suatu terapi ataupun perilaku sehat dan mengubah perilaku yang tidak sehat. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan reminder message dengan kepatuhan kedatangan lansia ke posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Pajangan. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan desain penelitian deskriptif (cross sectional) yang dilakukan pada lansia dengan cara memberikan reminder message melalui WhatsApp berisi informasi tentang ajakan untuk datang ke posyandu lansia. Responden dalam penelitian ini sebanyak 90 responden lansia. Selanjutnya data dianalisis dengan uji Chi Square dan uji koefisien kontingensi. Hasil: Hasil menunjukkan sebelum pemberian reminder message kepatuhan lansia yaitu 36 responden (40%) meningkat setelah diberikan reminder message menjadi 69 responden (76,7%). Berdasarkan uji chi square didapatkan p value 0,000 dan hasil koefisien kontingensi sebesar 0,000. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara reminder message dengan kepatuhan kedatangan lansia ke posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Pajangan. Reminder message dapat digunakan sebagai pesan pengingat untuk lansia agar dapat meningkatkan kepatuhan kedatangan lansia ke posyandu lansia. Kata kunci: Posyandu lansia, Lansia, Reminder message, Kepatuhan. ABSTRACT Background : Elderly Posyandu is an integrated service post for the community, especially the elderly in a certain area that is agreed upon and driven by the community so that the elderly get adequate health services. Reminder Message is a short message that can help someone to remember certain information. Compliance is patient adherence to a therapy or healthy behavior and changing unhealthy behavior. Objective : To know relationship between reminder messages and compliance with the arrival of the elderly to the elderly Posyandu in the working area of the Pajangan Health Center. Methods : This type of research is a non-experimental quantitative research with a descriptive research design (cross-sectional) conducted on the elderly by giving reminder messages via WhatsApp containing information about invitations to come to the elderly Posyandu. Respondents in this study were 90 elderly respondents. Furthermore, the data were analyzed by Chi Square test and contingency coefficient test. Results : The results show that before giving a reminder message for elderly compliance, namely 36 respondents (40%), it increased after being given a reminder message to 69 respondents (76.7%). Based on the chi square test, the p value is 0.000 and the contingency coefficient is 0.000. Conclusion : There is a significant relationship between the reminder message and compliance with the arrival of the elderly to the elderly Posyandu in the working area of the Pajangan Health Center. Keywords : Elderly Posyandu, Elderly, Reminder message, Compliance.