PENGARUH TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI

PENGARUH TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI
2023-05-12
id
Thesis
text
Latar Belakang : SBMPTN merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Persaingan ketat antar peserta dapat memicu kecemasan siswa. Kecemasan berlebih dapat memengaruhi kelolosan para pesertanya. Perlakuan yang diberikan berupa terapi musik instrumental. Musik bersifat terapeutik yang artinya bisa menyembuhkan. Terapi musik instrumental dapat memberikan rasa rileks dan nyaman bagi pendengarnya. Tujuan : Diketahuinya pengaruh pemberian terapi musik instrumental terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Metode penelitian : Penelitian ini berjenis quasi experimental design dengan rancangan pretest and posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 110 siswa terdiri dari jurusan IPA dan IPS. Instrumen penelitian penggunakan Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS-42). Uji hipotesis dianalisis menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian : Terdapat perbedaan kecemasan antara pretest dan posttest pada terapi musik instrumental (p value = 0.000) dan leaflet (p value = 0.000). Terdapat perbedaan yang signifikan dari perlakuan terapi musik instrumental dibuktikan dengan selisih mean kecemasan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan Sig (p value) yakni 0.000 (p value<0.05). Kesimpulan : Pemberian terapi musik instrumental dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Kata kunci : Terapi musik instrumental, leaflet, kecemasan, DASS-42, SBMPTN, ujian masuk