EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANEMIATION
TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA SISWI SMP
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANEMIATION
TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA SISWI SMP
2019-07-04
en
Thesis
text
Latar Belakang : Masalah gizi yang saat ini menjadi masalah utama dan rawan pada remaja putri adalah anemia. Prevalensi anemia pada usia 13-15 tahun sebesar 26,4%. Hal ini disebabkan remaja putri kehilangan darah pada saat menstruasi, disertai kesadaran mengkonsumsi asupan zat besi masih kurang. Salah satu bentuk pendidikan gizi dalam meningkatkan pengetahuan terhadap anemia dengan melakukan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dengan media. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah video Anemiation.
Tujuan : Mengetahui efektivitas media pembelajaran video Anemiation terhadap pengetahuan anemia siswi SMP.
Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen Desain penelitian pre test and post test without control group. Sampel penelitian berjumlah 28 siswi SMP N 11 Yogyakarta. Uji hipotesis menggunakan Saphiro Wilk , paired sample t- test.
Hasil : Berdasarkan uji statistik diperoleh, hasil pretest dengan posttest 1 dan posttest 2 menggunakan uji Paired Sampel Test bahwa p (0,000 <0,05 = signifikan). Sedangkan untuk efektivitas, didapat hasil nilai selisih posttest 1 dan posttest 2 yaitu -0,607.
Kesimpulan : Ada perbedaan pengetahuan anemia siswi SMP sebelum, langsung, dan 1 minggu setelah pemberian media pembelajaran video Anemiation dan tidak ada perbedaan efektivitas media video Anemiation terhadap pengetahuan anemia siswi SMP langsung setelah pemutaran video dan 1 minggu setelah pemutaran video.
Kata Kunci : pengetahuan, anemia, video