“Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan Pop-Up Pocket Book terhadap Pengetahuan dalam Pemilihan Penyedia Layanan Ortodontik Cekat

“Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan Pop-Up Pocket Book terhadap Pengetahuan dalam Pemilihan Penyedia Layanan Ortodontik Cekat
2023-05-23
en
Thesis
text
PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MENGGUNAKAN POP-UP POCKET BOOK TERHADAP PENGETAHUAN DALAM PEMILIHAN PENYEDIA LAYANAN ORTODONTIK CEKAT Nadya Anisa Pertiwi*, Taadi, Rizqi Amanullah Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Kyai Mojo No. 56 Pingit Yogyakarta Email: nadyanisyaa@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: Berdasarkan Riskesdas Nasional 2018, masalah gigi dan mulut 57,6% salah satunya adalah maloklusi. Fakta pembatasan wewenang perawatan ortodontik cekat tidak sejalan dengan keadaan. Studi pendahuluan yang telah dilakukan kepada 10 remaja di lokasi penelitian belum pernah mendapatkan promosi kesehatan tentang ortodontik cekat serta 3 diantaranya melakukan perawatan ortodontik cekat kepada tenaga yang tidak kompeten. Tujuan: Diketahuinya pengaruh promosi kesehatan menggunakan media pop-up pocket book terhadap pengetahuan dalam pemilihan penyedia layanan perawatan ortodontik cekat. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan non equevalent control group, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 44 responden sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan di bulan Februari – Maret 2023. Lokasi penelitian di Dusun Panca Arga, Desa Banyurojo, Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji normalitas dan Uji T. Hasil: Hasil analisis uji statistik menggunakan Paired Samples T-Test dan Independent Samples T-Test menunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05 Kesimpulan: Terdapat pengaruh promosi kesehatan menggunakan media pop-up pocket book terhadap pengetahuan dalam pemilihan penyedia layanan ortodontik cekat pada remaja. Kata kunci: pop-up book, pengetahuan ortodontik, penyedia layanan.