PENGARUH MEDIA LEMBAR BALIK POP-UP TERHADAP PENGETAHUAN SAYUR DAN BUAH SISWA SD NEGERI CEBONGAN
PENGARUH MEDIA LEMBAR BALIK POP-UP TERHADAP PENGETAHUAN SAYUR DAN BUAH SISWA SD NEGERI CEBONGAN
2019-07-04
en
Thesis
text
Latar Belakang : Pengetahuan gizi yang kurang tentang sayur dan buah pada siswa sekolah dasar masih menjadi penyebab utama masalah gizi anak. Salah satu bentuk pendidikan gizi dalam meningkatkan pengetahuan tentang sayur dan buah dengan melakukan penyuluhan sejak usia sekolah dasar. Penyuluhan dilakukan dengan menggunakan media lembar balik pop-up.
Tujuan penelitian : Mengetahui pengaruh penggunaan media lembar balik pop-up terhadap peningkatan pengetahuan sayur dan buah siswa sekolah dasar.
Metode penelitian : penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest dan posttest with control group design. Subjek penelitian berjumlah 61 siswa kelas V sekolah dasar dengan 33 siswa kelas V SD N Cebongan dan 28 siswa kelas V SD N Sendangadi 1. Kuisioner digunakan untuk menilai pengetahuan pada saat penyuluhan.
Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan pengetahuan tentang sayur dan buah kelompok lembar balik pop-up adalah 90.61 sedangkan pada kelompok lembar balik adalah 82.85. Ada perbedaan nilai pretest dan posttest pada media lembar balik pop-up dan media lembar balik dalam meningkatkan pengetahuan sayur dan buah siswa sekolah dasar.
Kesimpulan : ada pengaruh yang bermakna oleh kelompok media lembar balik pop-up dan media lembar balik dalam meningkatkan pengetahuan sayur dan buah pada siswa sekolah dasar.
Kata kunci : siswa sekolah dasar, pengetahuan sayur dan buah, media lembar balik pop-up, media lembar balik