TINGKAT KEPUASAN SANTRI TERHADAP KUALITAS DAN
LAYANAN MAKANAN DI MADRASAH MUALLIMIN
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
TINGKAT KEPUASAN SANTRI TERHADAP KUALITAS DAN
LAYANAN MAKANAN DI MADRASAH MUALLIMIN
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2019-07-04
en
Thesis
text
Latar Belakang : Penyelenggaraan makanan merupakan serangkaian kegiatan mulai dari perencanaan menu sampai dengan pendistribusian makanan kepada konsumen dalam skala besar dengan mengutamakan kepuasan kualitas dan layanan makanan. Dilakukan sebaik-baiknya kepada konumen sehingga dapat menimbulkan rasa puas. Kepuasan merupakan suatu perasaan konsumen sebagai respon terhadap produk makanan yang dikonsumsi dan perbandingan antara kualitas dan layanan makanan yang dirasakan dengan kualitas dan layanan makanan yang diharapkan sebelum produk makanan dikonsumsi.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui tingkat kepuasan santri terhadap kualitas dan layanan makanan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah santri kelas XI sebanyak 180. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling didapat sampel sebanyak 124 santri. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) atau dengan gap analysis (analisis kesenjangan)
Hasil penelitian : Tingkat kepuasan santri terhadap kualitas makanan dengan total rata-rata nilai harapan sebesar 3,28 sedangkan total rata-rata nilai kenyataan sebesar 2,85 artinya tingkat kepuasan santri terhadap kualitas makanan termasuk dalam kategori tidak puas karena harapan lebih besar daripada kenyataan, dengan kesenjangan (gap) adalah negatif dengan rata-rata -0,43. Tingkat kepuasan santri terhadap layanan makanan dengan total rata-rata nilai harapan sebesar 3,39 sedangkan total rata-rata nilai kenyataan sebesar 3,10 artinya tingkat kepuasan santri terhadap layanan makanan dalam kategori tidak puas karena harapan lebih besar daripada kenyataan, dengan kesenjangan (gap) adalah negatif dengan rata-rata -0,28.
Kesimpulan : Tingkat kepuasan santri terhadap kualitas makanan dan layanan makanan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta adalah tidak puas dengan nilai gap kualitas makanan yaitu -0,43 dan layanan makanan -0,28
Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Makanan, Layanan Makanan