EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI 4 PILAR GIZI SEIMBANG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI 4 PILAR GIZI SEIMBANG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA
2023-04-10
id
Thesis
text
Latar Belakang: Kurangnya aktivitas fisik pada remaja merupakan permasalahan yang semakin meningkat di berbagai negara. Salah satu faktor yang menyebabkan masalah tersebut adalah rendahnya pengetahuan. Penyuluhan menggunakan media animasi mengenai 4 pilar gizi seimbang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan aktivitas fisik pada remaja. Tujuan Penelitian: Mengetahui efektivitas penggunaan media animasi terhadap tingkat pengetahuan dan aktivitas fisik remaja tentang 4 pilar gizi seimbang Metode Penelitian: Jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian pretest and postest with control group design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 Februari-2 Maret 2023. Populasi sasaran siswa kelas X SMAN 9 Yogyakarta berjumlah 252 dan siswa kelas X SMAN 10 Yogyakarta berjumlah 215. Sampel penelitian siswa kelas X MIPA 6 SMAN 9 Yogyakarta sebanyak 33 dan siswa kelas X MIPA 3 SMAN 10 Yogyakarta sebanyak 31. Pengambilan sampel secara purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi. Variabel bebas penggunaan media berupa media animasi dan media leaflet, variabel terikat tingkat pengetahuan dan aktivitas fisik remaja tentang 4 pilar gizi seimbang. Data diperoleh dari kuesioner pengetahuan dan kuesioner GPAQ. Analisis data menggunakan uji Paired Sampel T-Test dan uji Independent Sample T-test. Hasil Penelitian: Terdapat kenaikan signifikan rata-rata skor pengetahuan dari 53.52 menjadi 83.03 (p=0.0001) dan skor aktivitas fisik 3071.64 menjadi 4559.64 (p=0.0001) pada kelompok animasi. Terdapat kenaikan signifikan rata-rata skor pengetahuan dari 55.65 menjadi 71.61 (p=0.0001) dan rata-rata skor aktivitas fisik 2269.29 menjadi 3118.84 (p=0.0001) pada kelompok leaflet. Berdasarkan peningkatan yang siginifikan, penyuluhan menggunakan media animasi lebih efektif dibandingkan menggunakan media leaflet terhadap pengetahuan (p=0.001) dan terhadap aktivitas fisik (p=0.047). Kesimpulan: Media animasi 4 pilar gizi seimbang lebih efektif dalam meingkatkan pengetahuan dan aktivitas fisik remaja Kata Kunci: Media Animasi, 4 Pilar Gizi Seimbang, Pengetahuan, Aktivitas Fisik, Remaja.