EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI 4 PILAR GIZI
SEIMBANG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN
AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI 4 PILAR GIZI
SEIMBANG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN
AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA
2023-04-10
id
Thesis
text
Latar Belakang: Kurangnya aktivitas fisik pada remaja merupakan
permasalahan yang semakin meningkat di berbagai negara. Salah satu faktor yang
menyebabkan masalah tersebut adalah rendahnya pengetahuan. Penyuluhan
menggunakan media animasi mengenai 4 pilar gizi seimbang merupakan salah
satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan aktivitas fisik pada remaja.
Tujuan Penelitian: Mengetahui efektivitas penggunaan media animasi terhadap
tingkat pengetahuan dan aktivitas fisik remaja tentang 4 pilar gizi seimbang
Metode Penelitian: Jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan
desain penelitian pretest and postest with control group design. Penelitian
dilaksanakan pada tanggal 20 Februari-2 Maret 2023. Populasi sasaran siswa
kelas X SMAN 9 Yogyakarta berjumlah 252 dan siswa kelas X SMAN 10
Yogyakarta berjumlah 215. Sampel penelitian siswa kelas X MIPA 6 SMAN 9
Yogyakarta sebanyak 33 dan siswa kelas X MIPA 3 SMAN 10 Yogyakarta
sebanyak 31. Pengambilan sampel secara purposive sampling berdasarkan kriteria
inklusi. Variabel bebas penggunaan media berupa media animasi dan media
leaflet, variabel terikat tingkat pengetahuan dan aktivitas fisik remaja tentang 4
pilar gizi seimbang. Data diperoleh dari kuesioner pengetahuan dan kuesioner
GPAQ. Analisis data menggunakan uji Paired Sampel T-Test dan uji
Independent Sample T-test.
Hasil Penelitian: Terdapat kenaikan signifikan rata-rata skor pengetahuan dari
53.52 menjadi 83.03 (p=0.0001) dan skor aktivitas fisik 3071.64 menjadi 4559.64
(p=0.0001) pada kelompok animasi. Terdapat kenaikan signifikan rata-rata skor
pengetahuan dari 55.65 menjadi 71.61 (p=0.0001) dan rata-rata skor aktivitas
fisik 2269.29 menjadi 3118.84 (p=0.0001) pada kelompok leaflet. Berdasarkan
peningkatan yang siginifikan, penyuluhan menggunakan media animasi lebih
efektif dibandingkan menggunakan media leaflet terhadap pengetahuan (p=0.001)
dan terhadap aktivitas fisik (p=0.047).
Kesimpulan: Media animasi 4 pilar gizi seimbang lebih efektif dalam
meingkatkan pengetahuan dan aktivitas fisik remaja
Kata Kunci: Media Animasi, 4 Pilar Gizi Seimbang, Pengetahuan, Aktivitas
Fisik, Remaja.