EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI MELALUI MEDIA E-POCKET BOOK BERBASIS ANDROID “DIET GIZI SEIMBANG” TERHADAP PENGETAHUAN PADA REMAJA

EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI MELALUI MEDIA E-POCKET BOOK BERBASIS ANDROID “DIET GIZI SEIMBANG” TERHADAP PENGETAHUAN PADA REMAJA
2023-04-27
id
Thesis
text
Latar Belakang: Proporsi obesitas meningkat setiap tahunnya. Edukasi kepada remaja mengenai pola makan yang baik dan tepat penting dilakukan sebagai usaha preventif permasalahan gizi. Tujuan Penelitian: Mengetahui efektivitas penyuluhan gizi melalui media epocket book diet gizi seimbang terhadap pengetahuan pada remaja. Metode Penelitian: Jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian pre and posttest with control group design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Maret -30 Maret 2023 di SMAN 2 Yogyakarta dan SMAN 4 Yogyakarta. Populasi penelitian terdiri dari 72 siswa dengan masingmasing kelompok intervensi 36 siswa. Sampel penelitian yaitu 29 kelompok eksperimen dan 27 kelompok kontrol. Cara pengambilan sampel menggunakan Teknik multistage sampling. Variabel bebas yaitu pemberian media berupa epocketbook dan e-leaflet, variabel terikat yaitu tingkat pengetahuan mengenai diet gizi seimbang. Pengetahuan diukur dengan cara mengisi kuesioner pretest, posttest 1 dan posttest 2. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian: Terdapat peningkatan signifikan rata-rata skor pengetahuan dari 76,21 menjadi 94,66 (p=0,000) pada posttest 1 dan 94,14 (p=0,000) pada posttest 2 kelompok e-pocket book. Terdapat kenaikan signifikan rata-rata skor pengetahuan dari 72,96 menjadi 82,96 (p=0.000) pada posttest 1 dan 82,22 pada posttest 2 (p=0.003) kelompok e-leaflet. Penyuluhan menggunakan media e-pocket book lebih efektif dibandingkan menggunakan media e-leaflet terhadap pengetahuan (p=0.001) pada posttest 1 dan (p=0,004) pada posttest 2. Kesimpulan: Media e-pocket book lebih efektif dalam meingkatkan pengetahuan tentang diet gizi seimbang pada remaja Kata Kunci: E-pocket book, Gizi Seimbang, Pengetahuan, Remaja.