PENGARUH MEDIA TRAFFIC LIGHT CARD TERHADAP PENGETAHUAN PEMILIHAN PRODUK PANGAN BERKEMASAN
PENGARUH MEDIA TRAFFIC LIGHT CARD TERHADAP PENGETAHUAN PEMILIHAN PRODUK PANGAN BERKEMASAN
2019-07-15
en
Thesis
text
Latar Belakang: Salah satu penyebab timbulnya masalah gizi dan perubahan kebiasaan makan pada masa remaja adalah pengetahuan gizi yang rendah. Pengetahuan gizi meliputi pengetahuan tentang pemilihan bahan makanan dan zat gizi yang dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan adalah memberikan pendidikan gizi melalui media.
Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh penggunaan media Traffic Light Card terhadap pengetahuan pemilihan produk pangan berkemasan.
Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan desain penelitian dua grup dengan pra dan pasca pengujian. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media Traffic Light Card, sedangkan variabel terikat adalah pengetahuan pemilihan produk pangan berkemasan. Uji hipotesis menggunakan uji t-test berpasangan dan uji t-test independen.
Hasil Penelitian: Ada peningkatan skor rata-rata sebesar 25.02 pada pengetahuan pemilihan produk pangan berkemasan dengan media Traffic Light Card (kelompok perlakuan). Secara statistik peningkatan tersebut memiliki makna yang signifikan pada saat pre-test dan sesudah post-test (p = 0.000). Sedangkan pada kelompok kontrol, kenaikan skor rata-rata juga terjadi meskipun lebih rendah dibandingkan kelompok perlakuan. Kenaikan pada kelompok kontrol tersebut sebesar 19.95 dan secara statistik bermakna signifikan (p = 0.000). Selisih peningkatan skor rata-rata post-test pada kelompok perlakuan dan Kelompok kontrol hanya sebesar 3,70 dengan nilai p-value sebesar 0.110, sehingga tidak ada pengaruh yang bermakna antara media Traffic Light Card terhadap pengetahuan pemilihan produk pangan berkemasan.
Kesimpulan: Tidak ada pengaruh yang bermakna media Traffic Light Card terhadap pengetahuan pemilihan produk pangan berkemasan.
Kata kunci: media Traffic Light Card, pengetahuan pemilihan, produk pangan berkemasan