MEDIA VIDEO EDUTAINMENT TENTANG ISI PIRINGKU MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN ASUPAN MAKAN PADA SISWA SMA

MEDIA VIDEO EDUTAINMENT TENTANG ISI PIRINGKU MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN ASUPAN MAKAN PADA SISWA SMA
2023-06-05
id
Thesis
text
Latar Belakang: Masa remaja sangat rentan terhadap masalah gizi dan seringkali remaja menganggap bahwa mereka sehat tetapi sebenarnya mengalami masalah gizi karena kurangnya pengetahuan. Data riskesdas Daerah Istimewa Yogayakrta tahun 2018, remaja kurus berusia 16-18 tahun memiliki prevalensi 6,4% dan remaja gemuk dengan prevalensi 8,2%. Pengetahuan mengenai pesan isi piringku dan asupan makan seseorang sangat berpengaruh terhadap status gizi. Penggunaan media video sebagai sarana penyuluhan dapat mempermudah dan meningkatkan pengetahuan siswa. Tujuan: Mengetahui efektivitas edukasi gizi melalui media video edutainment dan powerpoint tentang isi piringku terhadap tingkat pengetahuan dan asupan makan pada siswa SMA Metode: Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest with control design. Sampel penelitian ini adalah salah satu kelas XI MIPA di SMAN 1 Prambanan dan SMAN 1 Kalasan. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan random sampling. Sampel dipilih menggunakan kriteria inklusi. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 35 siswa. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov kemudian menggunakan metode Paired Sample t-test dan Independent Sample t-test. Hasil: Rata-rata skor pengetahuan dan asupan makan kelompok perlakuan dan kontrol meningkat setelah diberi intervensi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok perlakuan (p= 0.000) dan kelompok kontrol (p=0.020). Asupan energi menunjukkan hasil terdapat perbedaan untuk kelompok perlakuan (p=0.002) dan kelompok kontrol (p=0.032). Asupan protein kelompok perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan (p=0.037), sedangkan kelompok control tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p=0.068). Hasil uji efektivitas media menunjukkan bahwa media video edutainment lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan pesan isi piringku pada siswa SMA dibandingkan dengan media powerpoint. Kesimpulan: Video edutainment dapat digunakan sebagai media penyuluhan gizi mengenai pesan “Isi Piringku” pada siswa SMA Kata kunci: Pengetahuan, Asupan Makan, Isi Piringku, Siswa SMA