Pengaruh edukasi pemantauan pertumbuhan dengan media ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita membawa balita ke posyandu
Pengaruh edukasi pemantauan pertumbuhan dengan media ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita membawa balita ke posyandu
2023-06-12
id
Thesis
text
PENGARUH EDUKASI PEMANTAUAN PERTUMBUHAN DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA MEMBAWA BALITA KE POSYANDU
Yunita Wahyu A¹, Slamet Iskandar², Primiaji Rialihanto³
¹˒²˒³Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta,
Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman
Email: areniez.86@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang: Salah satu faktor yang menyebabkan masalah gizi adalah kurangnya pengetahun, pemahaman, dan manfaat pemantauan pertumbuhan balita. Pendidikan gizi merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan, salah satunya adalah memberikan pendidikan gizi melalui media.
Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi pemantauan pertumbuhan dengan media ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita membawa balita ke posyandu.
Metode : Penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan menggunakan rancangan one group pretest – posttest without control.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Populasi studi penelitian ini adalah ibu balita yang tidak pernah datang menimbang. Sampel dengan jumlah 25 ibu balita dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Analisis data menggunakan Wicoxon.
Hasil : Rata-rata skor pengetahuan pemantauan pertumbuhan sebelum diberikan edukasi dengan media ular tangga adalah 8,24 ± 0,779 dan rata-rata skor pengetahuan pemantauan pertumbuhan setelah diberikan edukasi dengan media ular tangga adalah 9,64 ± 0,569. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada rerata skor pengetahuan (p = 0,000). Rata-rata skor sikap ibu membawa balita ke posyandu sebelum diberikan edukasi dengan media ular tangga adalah 62,84 ± 3,760 dan rata-rata skor sikap ibu membawa balita ke posyandu setelah diberikan edukasi dengan media ular tangga adalah 66,48 ± 3,820. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor sikap terdapat perbedaan (p = 0,000)
Kesimpulan : Terdapat peningkatan rata-rata pada skor pengetahuan dan sikap setelah mendapatkan edukasi dengan media ular tangga.
Kata Kunci : media ulartangga, pengetahuan, sikap, posyandu balita