EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU PINTAR SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU PINTAR SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2023-05-03
en
Thesis
text
Latar Belakang : Permasalahan gizi yang terjadi pada anak sekolah dasar di Indonesia yaitu salah satunya kegemukan/obesitas. Obesitas pada anak seringkali disebabkan oleh ketidakseimbangan antara konsumsi dan pengeluaran zat gizi, sehingga berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Solusi masalah gizi pada anak usia sekolah sebaiknya didahului dengan upaya peningkatan pengetahuan. Pencegahan obesitas dapat dimulai dari kegiatan penyuluhan tentang gizi seimbang kepada siswa sekolah dasar yang didukung dengan penggunaan media edukasi. Media dalam penelitian ini adalah buku pintar dan leaflet. Tujuan Penelitian : Mengetahui efektivitas penggunaan buku pintar sebagai media edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group pre and post test design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2023 di SDN Sarikarya dan SDN Ngringin. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pebedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media buku pintar terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang (p=0,0001), leaflet terhadap pengetahuan gizi seimbang (p=0,0001). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada selisih skor (posttest-pretest) pengetahuan tentang gizi seimbang pada kelompok buku pintar dan leaflet (p=0,159).. Kesimpulan : Tidak ada perbedaan efektivitas penggunaan buku pintar dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Pengetahuan, Gizi Seimbang, Buku Pintar, Leaflet