EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU PINTAR SEBAGAI MEDIA
EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI
SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU PINTAR SEBAGAI MEDIA
EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI
SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2023-05-03
en
Thesis
text
Latar Belakang : Permasalahan gizi yang terjadi pada anak sekolah dasar di
Indonesia yaitu salah satunya kegemukan/obesitas. Obesitas pada anak seringkali
disebabkan oleh ketidakseimbangan antara konsumsi dan pengeluaran zat gizi,
sehingga berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Solusi
masalah gizi pada anak usia sekolah sebaiknya didahului dengan upaya
peningkatan pengetahuan. Pencegahan obesitas dapat dimulai dari kegiatan
penyuluhan tentang gizi seimbang kepada siswa sekolah dasar yang didukung
dengan penggunaan media edukasi. Media dalam penelitian ini adalah buku pintar
dan leaflet.
Tujuan Penelitian : Mengetahui efektivitas penggunaan buku pintar sebagai
media edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada siswa
sekolah dasar.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain
penelitian nonequivalent control group pre and post test design. Penelitian
dilaksanakan pada bulan Maret 2023 di SDN Sarikarya dan SDN Ngringin.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pebedaan yang
signifikan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media buku
pintar terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang (p=0,0001), leaflet terhadap
pengetahuan gizi seimbang (p=0,0001). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan
pada selisih skor (posttest-pretest) pengetahuan tentang gizi seimbang pada
kelompok buku pintar dan leaflet (p=0,159)..
Kesimpulan : Tidak ada perbedaan efektivitas penggunaan buku pintar dan leaflet
terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar.
Kata Kunci : Pengetahuan, Gizi Seimbang, Buku Pintar, Leaflet