PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA PAPI GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK SEKOLAH DASAR

PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA PAPI GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK SEKOLAH DASAR
2023-04-26
id
Thesis
text
Latar Belakang : Obesitas pada anak tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik namun juga dapat berdampak pada kesehatan mental. Upaya yang dapat dilakukan untuk perbaikan gizi adalah dengan melakukan pendidikan gizi. Siswa SD merupakan target terbaik dalam melakukan pendidikan gizi. Dalam melakukan pendidikan gizi diperlukan media yang menarik untuk menarik minat siswa. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media PAPI GIZI terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak SD. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu (Quasi Experiment) dengan pre test post test with control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023. Lokasi penelitian yaitu di SDN Perumnas Condongcatur (penyuluhan menggunakan media PAPI GIZI) dan SDN Babarsari (penyuluhan menggunakan media leaflet), terpilih siswa kelas V sejumlah 52 siswa. Data uji statistic Saphiro Wilk, Wilcoxon Test, Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media PAPI GIZI terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang (p=0,000) dan media leaflet terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang (p=0,001). Terdapat perbedaan yang signifikan pada selisih skor pengetahuan tentang gizi seimbang pada kelompok PAPI GIZI dan leaflet (p=0,002) Simpulan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PAPI GIZI dan leaflet berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang. Media PAPI GIZI memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan media leaflet dalam meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa SD. Kata Kunci : media, pengetahuan, gizi seimbang, SD