PENDAMPINGAN KELUARGA DENGAN MEDIA BUKU SAKU PENCEGAHAN STUNTING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU YANG MEMILIKI BALITA UMUR 0-24 BULAN PENDERITA STUNTING DI PUSKESMAS PRAMBANAN

PENDAMPINGAN KELUARGA DENGAN MEDIA BUKU SAKU PENCEGAHAN STUNTING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU YANG MEMILIKI BALITA UMUR 0-24 BULAN PENDERITA STUNTING DI PUSKESMAS PRAMBANAN
2023-06-26
id
Thesis
text
Latar Belakang: Masalah gizi pada balita menjadi masalah besar dikarenakan berkaitan dengan tingginya angka kesakitan dan kematian bayi dan balita. Riskesdas (2018) angka prevalensi stunting di Indonesia 30,8% , DIY sebesar 21,4 % dan Kabupaten Sleman sebesar 14,7 %. Hasil pemantauan status gizi (PSG) Kabupaten Sleman tahun 2021 di Kapanewon Prambanan sebesar 6,41 %. Angka ini masih jauh dari target lima tahunan yaitu sebesar 14,0 (RI, 2020). Pengetahuan dan sikap berpengaruh terhadap penemuhan zat gizi balita stunting, sehingga edukasi gizi ibu serta pendeampingan sangat penting untuk dilakukan. Durasi pendampingan yang efektif diberikan 3 kali dalam 3 minggu. Frekuensi intervensi cukup dilakukan tiga kali karena pengulangan tersebut merupakan ukuran yang optimal. Tujuan: Mengetahui peningkatan pengetahuan dan sikap ibu balita melalui pendampingan keluarga dengan media buku saku pencegahan stunting Metode: Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian ini memiliki kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar. Sampel penelitian ini adalah ibu balita usia 0-24 bulan. Sampel dipilih menggunakan kriteria inklusi. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 18 responden. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov kemudian menggunakan metode Paired Sample ttest dan Independent Sample t-test. Hasil: Rata-rata skor pengetahuan dan asupan makan kelompok perlakuan dan kontrol meningkat setelah diberi intervensi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok perlakuan (p= 0.005) dan kelompok kontrol (p=0.025). Sedangkan hasil analisis statistik sikap menunjukkan hasil terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok perlakuan (p= 0.012) dan kelompok kontrol (p= 0.056). Hasil uji efektivitas media menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara penggunaan media buku saku dengan leaflet dengan nilai p value pengetahuan 0.034 dan sikap 0.043. Kesimpulan: Ada pengaruh pendampingan gizi dengan media buku saku terhadap pengetahuan sikap ibu balita. Media buku saku lebih efektif daripada media leaflet. Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Stunting, Ibu Balita