PENGARUH EDUKASI BOOKLET “REMAJA SEHAT TANPA ANEMIA” TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA SISWI DI SMP N 2 GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA
PENGARUH EDUKASI BOOKLET “REMAJA SEHAT TANPA ANEMIA” TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA SISWI DI SMP N 2 GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA
2019-07-17
en
Thesis
text
Latar Belakang : Remaja putri atau siswi SMP adalah kelompok rawan terhadap defisiensi gizi khususnya zat besi. Anemia pada siswi dapat menyebabkan menurunnya prestasi karena sulit konsenstrasi, cepat lelah saat beraktifitas di sekolah, sering pusing dan mata berkunang-kunang saat sedang mengikuti pelajaran. Oleh karena itu siswi harus mempunyai pengetahuan yang baik tentang anemia. Booklet “Remaja Sehat Tanpa Anemia” merupakan media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan tentang anemia sehingga remaja putri dapat memperkaya pengetahuan tentang anemia.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan booklet “Remaja Sehat Tanpa Anemia” terhadap pengetahuan tentang anemia pada siswi di SMP.
Metode Penelitian : Penelitian eksperimental murni dilakukan pada 4 kelompok (4 kelas) siswi kelas VIII sebanyak 78 siswi. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji paired sample t-test. Untuk menguji pretest dan posttest pengetahuan empat kelas dengan one-way anova.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pengetahuan untuk kelas A sebesar 60, kelas B sebesar 55, kelas C sebesar 60, dan kelas D sebesar 60. Hasil uji one-way anova menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna atau rata-rata nilai pretest dari tiap kelas adalah sama secara signifikan. Hasil posttest nilai rata-rata pengetahuan pada kelas A adalah 90, kelas B 85, kelas C 85, dan kelas D 85. Hasil uji one-way anova untuk semua kelas adalah sama secara signifikan. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai antara pretest dan posttest, maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media booklet terhadap pengetahuan siswi tentang anemia.
Kesimpulan : Adanya efektifitas (kenaikan nilai) pengetahuan yang bermakna untuk keempat kelas sebelum dan setelah pemberian edukasi booklet. Varian nilai pretest dan posttest dari keempat kelas yang dibandingkan adalah sama atau homogen.
Kata Kunci : Siswi SMP, Pengetahuan Anemia, Booklet