PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE EMO DEMO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 PESERTA PROLANIS DI PUSKESMAS GAMPING II KABUPATEN SLEMAN

PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE EMO DEMO TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 PESERTA PROLANIS DI PUSKESMAS GAMPING II KABUPATEN SLEMAN
2023-06-27
id
Thesis
text
Latar Belakang: Diabetes melitus tipe 2 merupakan masalah kesehatan masyarakat global dengan prevalensi dan insiden yang terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu pemerintah membentuk PROLANIS dimana edukasi merupakan salah satu pilar utama dalam pengelolaan DM. Metode dan media edukasi yang tepat dapat mempermudah pasien dalam memahami informasi yang disampaikan. Salah satu metode edukasi terbaru yang sedang berkembang di masyarakat adalah Emo Demo, dimana keberhasilan dan efektifitas penerapan emo demo telah terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi dengan metode emo demo terhadap pengetahuan dan sikap pasien diabetes melitus tipe 2 peserta PROLANIS di Puskesmas Gamping II Kabupaten Sleman. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang bersifat quasi eksperimental dengan desain penelitian pre test – post test without control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 20 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap yang signifikan antara sebelum dan sesudah emo demo dengan p-value masing-masing 0,000 dan 0,001. Kesimpulan: Pemberian emo demo dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap pasien DM tipe 2. Kata Kunci : Emo Demo, Diabetes Melitus Tipe II, PROLANIS