GAMBARAN PERILAKU SISWA DALAM MENYIKAT GIGI & MULUT SETELAH DILAKUKAN KEGIATAN UKGS TAHAP 1 PADA KELAS IV DAN V SD NEGERI KANOMAN
GAMBARAN PERILAKU SISWA DALAM MENYIKAT GIGI & MULUT SETELAH DILAKUKAN KEGIATAN UKGS TAHAP 1 PADA KELAS IV DAN V SD NEGERI KANOMAN
2023-06-09
id
Thesis
text
ABSTRAK
Latar Belakang : Masalah anak usia Sekolah Dasar biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan seperti menyikat gigi yang baik dan benar. Penyakit mulut yang paling umum diderita anak – anak adalah gingivitis dan karies gigi sebesar 60 – 90%. Usia 8 – 10 tahun merupakan kelompok usia yang kritis terhadap terjadinya karies gigi dan mempunyai sifat khusus, yaitu transisi pergantian gigi susu ke gigi permanen.
Tujuan Penelitian : Untuk diketahuinya gambaran perilaku siswa dalam menyikat gigi & mulut setelah dilakukan kegiatan UKGS tahap 1 pada kelas IV dan V SD Negeri Kanoman.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan metode pendekatan cross sectional. Populasinya adalah 57 kelas IV dan V SD Negeri Kanoman. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 57 anak kelas IV dan V SD Negeri Kanoman dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023.
Hasil Penelitian : Hasil analisis penelitian terkait distribusi gambaran perilaku perilaku siswa kelas IV dan V di SD N Kanoman dalam menyikat gigi setelah dilakukan kegiatan UKGS tahap I menunjukkan bahwa dari total 50 siswa, mayoritas memiliki kesadaran perilaku menyikat gigi yang sudah baik yaitu sebannyak 32 responden (64%), sedangkan sisanya sebanyak 18 responden (36%) siswa memiliki kesadaran perilaku menyikat gigi yang sedang.
Kesimpulan : Data distribusi menunjukkan perilaku siswa kelas IV dan V SDN Kanoman dalam menyikat gigi termasuk dalam kategori baik sebanyak 32 responden (64%), dan sedang 18 responden (36%).
Kata Kunci : Menyikat Gigi, Usaha Kesehatan Gigi Sekolah, Anak Kelas IV dan V Sekolah Dasar