EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP PERILAKU MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP PERILAKU MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2023-05-23
en
Thesis
text
Latar Belakang: Perilaku menyikat gigi yang baik dan benar pada masyarakat masih rendah yaitu berkisar 2,8% yang didominasi oleh anak-anak berkisar 2% hal tersebut menyebabkan prevalensi terjadinya kerusakan gigi meningkat. Perilaku menyikat gigi yang masih rendah dapat ditingkatkan dengan pemberian penyuluhan dengan metode bermain yaitu dengan media kartu kuartet yang memiliki daya tarik sendiri karena terdapat gambar yang menarik. Tujuan Penelitian: Diketahuinya efektivitas penyuluhan media kartu kuartet terhadap perilaku menyikat gigi pada Siswa Sekolah Dasar. Metode Penelitian: Quasi Experimental Design, dengan rancangan rangkaian Pretest Posttest Control Grouph. pengambilan sampel mengguankan total sampling dengan jumlah sampel 110 responden, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil: Perilaku menyikat gigi pada siswa sekolah dasar sebelum diberikan penyuluhan menggunakan media kartu kuartet dengan kriteria baik 47,3%, sedang 47,3%, dan setelah diberikan penyuluhan terjadi peningkatan perilaku dengan kriteria baik 92,7%, sedang 7,3%. nilai rata-rata kelompok eksperimen 14,36˃12,64 kelompok kontrol. Uji Wilcoxon diperoleh p=0,000. Uji Mann Whitney diperoleh p=0,000. Kesimpulan: Penyuluhan menggunakan media kartu kuartet efektif dalam meningkatkan perilaku menyikat gigi pada anak sekolah dasar. Kata Kunci: efektivitas penyuluhan, media kartu kuartet, perilaku menyikat gigi