FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS PERKEMBANGAN
BALITA USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH PUSKESMAS GAMPING II
SLEMAN TAHUN 2018
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS PERKEMBANGAN
BALITA USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH PUSKESMAS GAMPING II
SLEMAN TAHUN 2018
2018-07-19
id
Thesis
text
Latar Belakang : Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting karena
akan menjadi dasar kualitas generasi penerus bangsa. Masa lima tahun pertama
kehidupan merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan
berlangsung sangat pendek serta tidak dapat diulangi lagi.
Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi status perkembangan balita usia 1-3 tahun di wilayah Puskesmas
Gamping II Sleman.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan
desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah 90 balita usia 1-3 tahun di
wilayah Puskesmas Gamping II Sleman. Sampel diambil dengan teknik
consecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Pra Skrining
Perkembangan (KPSP) meliputi perkembangan kemampuan motorik halus,
motorik kasar, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian. Analisis data yang
digunakan adalah uji chi square dan regresi logistik.
Hasil Penelitian : Faktor yang berhubungan secara signifikan dengan status
perkembangan balita adalah status gizi balita p=0,024, pendapatan orang tua
p=0,024, dan pendidikan orang tua p=0,006. Serta faktor yang paling
mempengaruhi status perkembangan balita adalah pendidikan orang tua (koef-β
1,396, p-value 0,015, PR 4,039, CI 95% 1,312-12,433)
Kesimpulan : Pendidikan orang tua adalah faktor yang paling mempengaruhi
status perkembangan balita usia 1-3 tahun.
Kata Kunci : status perkembangan, balita, pendidikan