FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS PERKEMBANGAN BALITA USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN TAHUN 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS PERKEMBANGAN BALITA USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH PUSKESMAS GAMPING II SLEMAN TAHUN 2018
2018-07-19
id
Thesis
text
Latar Belakang : Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting karena akan menjadi dasar kualitas generasi penerus bangsa. Masa lima tahun pertama kehidupan merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan berlangsung sangat pendek serta tidak dapat diulangi lagi. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi status perkembangan balita usia 1-3 tahun di wilayah Puskesmas Gamping II Sleman. Metode : Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah 90 balita usia 1-3 tahun di wilayah Puskesmas Gamping II Sleman. Sampel diambil dengan teknik consecutive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) meliputi perkembangan kemampuan motorik halus, motorik kasar, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian. Analisis data yang digunakan adalah uji chi square dan regresi logistik. Hasil Penelitian : Faktor yang berhubungan secara signifikan dengan status perkembangan balita adalah status gizi balita p=0,024, pendapatan orang tua p=0,024, dan pendidikan orang tua p=0,006. Serta faktor yang paling mempengaruhi status perkembangan balita adalah pendidikan orang tua (koef-β 1,396, p-value 0,015, PR 4,039, CI 95% 1,312-12,433) Kesimpulan : Pendidikan orang tua adalah faktor yang paling mempengaruhi status perkembangan balita usia 1-3 tahun. Kata Kunci : status perkembangan, balita, pendidikan