PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN SADARI SANTRIWATI DI SMA IT BINA UMAT YOGYAKARTA

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN SADARI SANTRIWATI DI SMA IT BINA UMAT YOGYAKARTA
2023
en
Thesis
text
ABSTRAK Latar Belakang: Kanker payudara menempati urutan pertama di Indonesia dengan insiden kanker tertinggi dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker. Salah satu penyebab kanker payudara mengalami peningkatan disebabkan kurangnya edukasi tentang SADARI (Periksa Payudara Sendiri) saat masa remaja untuk deteksi dini kanker payudara, sehingga pengetahuan yang dimiliki remaja terhadap kesehatan sangat minim dan dapat menyebabkan kurangnya kepedulian atau tidak peka terhadap suatu gejala penyakit yang timbul secara tidak normal dalam tubuh, sehingga diperlukan promosi kesehatan dalam upaya meningkatkan pengetahuan terkait SADARI. Promosi kesehatan pada remaja putri akan lebih menarik jika dilakukan dengan metode yang bervariasi seperti dengan demonstrasi dan menayangkan video. Tujuan: Mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan antara metode demonstrasi dengan video animasi dalam pendidikan kesehatan SADARI santriwati di SMA IT Bina Umat Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desai Quasi Experiment, Non Equivalent with Control Group Design yang dilaksanakan pada bulan Feruari hingga Maret 2023. Populasi adalah santriwati kelas X, XI, XII IPA dan IPS di SMA IT Bina Umat Yogyakarta. Teknik dalam mengambil sampel dengan proportionate stratified random sampling. Hasil: Uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen diperoleh p value=0.000 dan pada kelompok kontrol diperoleh p value=0.000. Uji Mann Whitney pada kelompok eksperimen dan kontrol setelah dilakukan intervensi diperoleh hasil p value=0.025 Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna antara metode demonstrasi dan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan santriwati tentang SADARI p=0.025 (p<0.05) Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, SADARI ABSTRACT Background: Breast cancer ranks first in Indonesia with the highest incidence of cancer and is the leading cause of cancer deaths. One of the causes of breast cancer has increased due to the lack of education about SADARI (Breast Self Examination) during adolescence for early detection of breast cancer, so that the knowledge that adolescents have about health is very minimal and can cause a lack of concern or insensitivity to a symptom of a disease that arises abnormally in the body, so health promotion is needed in an effort to increase knowledge related to SADARI. Health promotion in adolescent girls will be more interesting if it is carried out with various methods such as demonstrations and showing videos. Objective: Knowing the difference in knowledge improvement between demonstration methods and animated videos in SADARI health education for female students at SMA IT Bina Umat Yogyakarta. Methods: This type of research is a quantitative study with Quasi Experiment, Non Equivalent with Control Group Design which was conducted from February to March 2023. The population female students of class X, XI, XII Natural Science and Social Science at SMA IT Bina Umat Yogyakarta. The technique of taking samples with proportionate stratified random sampling. Results: Wilcoxon test in the experimental group obtained p value = 0.000 and in the control group obtained p value = 0.000. Mann Whitney test in the experimental and control groups after the intervention obtained p value=0.025. Conclusion: There is a significant difference between the demonstration method and animated video on increasing santriwati knowledge about SADARI p=0.025 (p<0.05). Keywords: Health Eduaction, Knowledge, SADARI