KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP SAYURAN DAN SNACK YANG DISAJIKAN DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI
KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP SAYURAN DAN SNACK YANG DISAJIKAN DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI
2023-06-12
id
Thesis
text
Latar Belakang : Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima disuatu tatanan kesehatan rumah sakit. Rumah sakit harus meningkatkan pelayanannya yang berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan pasien. Tanpa memperhatikan kebutuhan konsumen (pasien dan keluarganya), maka rumah sakit akan ditinggalkan oleh konsumennya.
Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui kajian tingkat kepuasan pasien terhadap sayuran dan snack di RSUD Panembahan Senopati.
Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasional. Desain penelitian ini yaitu cross sectional. Obyek dalam penelitian ini adalah sayuran bentuk biasa dan snack pada kelas 3 yang disajikan kepada pasien selama 3 hari di RSUD Panembahan Senopati. Penelitian mengenai kepuasan pasien dilaksanakan di RSUD Panembahan Senopati yang beralamatkan di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kec. Bantul. Pengambilan data kepuasan pasien dilakukan pada ruangan rawat inap gatot kaca, setiyaki, dan pergiwati yang dilaksanakan pada bulan februari dan maret 2023. Subyek pada penelitian ini yaitu pasien pada kelas 3 yang ada di bangsal Gatot Kaca, Settaki, pergiwati, dan setyaki.
Hasil : Pasien menyatakan puas (100%) terhadap warna ,aroma, tekstur, dan bentuk sayuran pada makan pagi, makan siang, dan makan malam di RSUD Panembahan Senopati. Pasien menyatakan puas (100%) terhadap warna,aroma, tekstur, dan bentuk sayuran pada makan pagi, makan siang, dan makan malam di RSUD Panembahan Senopati.
Kata Kunci : Sayuran, Snack, Kepuasan