PROTOTIPE DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KLINIK MENGGUNAKAN METODE UCD DI KLINIK PRATAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
PROTOTIPE DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KLINIK MENGGUNAKAN METODE UCD DI KLINIK PRATAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
2023-07-01
id
Thesis
text
PROTOTIPE DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN KLINIK MENGGUNAKAN METODE UCD DI KLINIK
PRATAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
Latar Belakang: Klinik membutuhkan sistem informasi manajemen untuk
meningkatkan pelayanan, akurasi data, dan proses pencatatan pelayanan pasien.
Antarmuka Pengguna menjadi jembatan antara pengguna dan teknologi dalam
sistem informasi manajemen. Namun, kegagalan penggunaan sistem informasi
manajemen sering terjadi karena Antarmuka Pengguna dianggap tidak menarik,
sulit dipahami, dan membosankan oleh pengguna. Antarmuka Pengguna yang
efisien dan menarik dapat meningkatkan pelayanan terhadap pasien.
Tujuan: Menghasilkan Prototipe Antarmuka Pengguna Sistem Informasi
Manajemen Klinik Pratama Poltekkes Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan
tindakan (Action Research), dengan menerapkan metode User Centered Design
(UCD) dengan tahapan mengetahui calon pengguna, analisis kebutuhan dan
masalah, perancangan prototipe antarmuka pengguna sebagai solusi, dan evaluasi
dengan mengkur faktor kegunaan (usability).
Hasil: Perancangan prototipe antarmuka pengguna menghasilkan tampilan aplikasi
yang user-friendly dan fitur yang lengkap untuk pelayanan lebih efektif.
Penggunaan User Flow membantu memahami alur sistem. Wireframe digunakan
untuk menggambarkan sketsa dari tampilan antarmuka pengguna yang akan
dirancang mulai dari tata letaknya hingga konsep desain dan High-Fidelity
Prototype digunakan untuk tampilan sistem yang sudah jadi. Style guide dengan
warna, teks, dan icon membantu respon emosional pengguna. Penggunaan
komponen dan atribut menambah pengalaman interaksi dan pemahaman informasi.
Kesimpulan: Prototipe desain antarmuka pengguna pada pelayanan poli umum,
KIA dan gigi dengan skor SUS 81,25 “Good” dan grade “B” dari 4 responden.
Evaluasi menunjukkan sesuai keinginan pengguna, tingkat kemudahan dan
kegunaan yang baik selama tahap pengujian.
Kata kunci: antarmuka pengguna, SIM Klinik, UCD, SUS