PROTOTIPE DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KLINIK MENGGUNAKAN METODE UCD DI KLINIK PRATAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

PROTOTIPE DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KLINIK MENGGUNAKAN METODE UCD DI KLINIK PRATAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
2023-07-01
id
Thesis
text
PROTOTIPE DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KLINIK MENGGUNAKAN METODE UCD DI KLINIK PRATAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA Latar Belakang: Klinik membutuhkan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan pelayanan, akurasi data, dan proses pencatatan pelayanan pasien. Antarmuka Pengguna menjadi jembatan antara pengguna dan teknologi dalam sistem informasi manajemen. Namun, kegagalan penggunaan sistem informasi manajemen sering terjadi karena Antarmuka Pengguna dianggap tidak menarik, sulit dipahami, dan membosankan oleh pengguna. Antarmuka Pengguna yang efisien dan menarik dapat meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Tujuan: Menghasilkan Prototipe Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Manajemen Klinik Pratama Poltekkes Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan tindakan (Action Research), dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD) dengan tahapan mengetahui calon pengguna, analisis kebutuhan dan masalah, perancangan prototipe antarmuka pengguna sebagai solusi, dan evaluasi dengan mengkur faktor kegunaan (usability). Hasil: Perancangan prototipe antarmuka pengguna menghasilkan tampilan aplikasi yang user-friendly dan fitur yang lengkap untuk pelayanan lebih efektif. Penggunaan User Flow membantu memahami alur sistem. Wireframe digunakan untuk menggambarkan sketsa dari tampilan antarmuka pengguna yang akan dirancang mulai dari tata letaknya hingga konsep desain dan High-Fidelity Prototype digunakan untuk tampilan sistem yang sudah jadi. Style guide dengan warna, teks, dan icon membantu respon emosional pengguna. Penggunaan komponen dan atribut menambah pengalaman interaksi dan pemahaman informasi. Kesimpulan: Prototipe desain antarmuka pengguna pada pelayanan poli umum, KIA dan gigi dengan skor SUS 81,25 “Good” dan grade “B” dari 4 responden. Evaluasi menunjukkan sesuai keinginan pengguna, tingkat kemudahan dan kegunaan yang baik selama tahap pengujian. Kata kunci: antarmuka pengguna, SIM Klinik, UCD, SUS