PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET “CAMITAMI” (CANTIK ALAMI TANPA ANEMIA) DALAM PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMPN 2 GAMPING

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET “CAMITAMI” (CANTIK ALAMI TANPA ANEMIA) DALAM PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMPN 2 GAMPING
2023-06-20
id
Thesis
text
Latar Belakang: Prevalensi anemia di Kabupaten Sleman pada tahun 2018 sebesar 22,86% (Dinkes Sleman, 2020). Pengetahuan dan sikap mempengaruhi kejadian anemia pada remaja putri. Penggunaan booklet dapat meningkatan pengetahuan dan sikap siswi mengenai anemia gizi besi (Hibatullah, 2022). Hasil studi pendahuluan di SMPN 2 Gamping diketahui bahwa masih banyak yang belum mengetahui terkait anemia pada remaja putri. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian terkait media booklet terhadap pengetahuan dan sikap tentang anemia pada remaja putri di SMPN 2 Gamping. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan booklet “CAMITAMI” (Cantik Alami Tanpa Anemia) terhadap pengetahuan dan sikap tentang anemia pada remaja putri di SMPN 2 Gamping. Metode: Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest – posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 36 sampel pada masing-masing kelompok dengan populasi berupa remaja putri di SMPN 2 Gamping dan SMPN 3 Gamping. Pemilihan sampel berdasarkan kriteria inkulis dan eksklusi. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner pretest dan posttest. Hasil: Pengetahuan remaja putri kelompok intervensi (media booklet) pada saat pretest memiliki mean sebesar 67,22 dan meningkat menjadi 86,81 saat posttest, sedangkan pengetahuan prestest remaja putri pada kelompok kontrol (media PPT) memiliki mean sebesar 61,67 dan postest mengalami peningkatan menjadi 85,83. Sikap remaja putri pada kelompok intervensi (media booklet) sebelum perlakuan memiliki mean sebesar 29,42 dan meningkat menjadi 33,94 setelah diberi intervensi, sedangkan pada kelompok kontrol (media PPT) sikap remaja putri memiliki mean sebesar 28,31 sebelum perlakuan dan meningkat menjadi 32,97 setelah perlakuan. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara penggunaan media booklet dan PPT terhadap pengetahuan (P-value = 0,066) dan sikap (P-value = 0,862) remaja putri. Kesimpulan: Penyuluhan dengan media booklet memiliki tingkat efektivitas yang sama dengan media PPTdalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri. Kata Kunci: booklet, anemia, remaja putri, pengetahuan, sikap