PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET “CAMITAMI” (CANTIK
ALAMI TANPA ANEMIA) DALAM PENYULUHAN TERHADAP
PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMPN 2 GAMPING
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET “CAMITAMI” (CANTIK
ALAMI TANPA ANEMIA) DALAM PENYULUHAN TERHADAP
PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMPN 2 GAMPING
2023-06-20
id
Thesis
text
Latar Belakang: Prevalensi anemia di Kabupaten Sleman pada tahun 2018
sebesar 22,86% (Dinkes Sleman, 2020). Pengetahuan dan sikap mempengaruhi
kejadian anemia pada remaja putri. Penggunaan booklet dapat meningkatan
pengetahuan dan sikap siswi mengenai anemia gizi besi (Hibatullah, 2022). Hasil
studi pendahuluan di SMPN 2 Gamping diketahui bahwa masih banyak yang
belum mengetahui terkait anemia pada remaja putri. Oleh karena itu, peneliti
tertarik melakukan penelitian terkait media booklet terhadap pengetahuan dan
sikap tentang anemia pada remaja putri di SMPN 2 Gamping.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan booklet “CAMITAMI” (Cantik
Alami Tanpa Anemia) terhadap pengetahuan dan sikap tentang anemia pada
remaja putri di SMPN 2 Gamping.
Metode: Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest –
posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 36 sampel pada masing-masing
kelompok dengan populasi berupa remaja putri di SMPN 2 Gamping dan SMPN 3
Gamping. Pemilihan sampel berdasarkan kriteria inkulis dan eksklusi.
Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner pretest dan posttest.
Hasil: Pengetahuan remaja putri kelompok intervensi (media booklet) pada saat
pretest memiliki mean sebesar 67,22 dan meningkat menjadi 86,81 saat posttest,
sedangkan pengetahuan prestest remaja putri pada kelompok kontrol (media PPT)
memiliki mean sebesar 61,67 dan postest mengalami peningkatan menjadi 85,83.
Sikap remaja putri pada kelompok intervensi (media booklet) sebelum perlakuan
memiliki mean sebesar 29,42 dan meningkat menjadi 33,94 setelah diberi
intervensi, sedangkan pada kelompok kontrol (media PPT) sikap remaja putri
memiliki mean sebesar 28,31 sebelum perlakuan dan meningkat menjadi 32,97
setelah perlakuan. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney didapatkan hasil bahwa
tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara penggunaan media booklet dan
PPT terhadap pengetahuan (P-value = 0,066) dan sikap (P-value = 0,862) remaja
putri.
Kesimpulan: Penyuluhan dengan media booklet memiliki tingkat efektivitas yang
sama dengan media PPTdalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri.
Kata Kunci: booklet, anemia, remaja putri, pengetahuan, sikap