FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH YOGYAKARTA
FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH YOGYAKARTA
2023-07-01
en
Thesis
text
Latar Belakang: Pending klaim adalah penundaan pembayaran utang yang ditagihkan untuk menghindari kebangkrutan. Klaim yang belum terselesaikan ini dapat mengganggu dan mempersulit arus kas rumah sakit. Masalah ini juga menghambat pembayaran kewajiban rumah sakit.
Tujuan: Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan pending klaim pasien rawat inap dengan jaminan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan total sampling. Populasi penelitian yaitu berkas klaim BPJS Kesehatan rawat inap yang mengalami pending tahun 2022 sebanyak 115 kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan seorang petugas casemix, sedangkan observasi dilakukan pada berkas klaim BPJS Kesehatan rawat inap yang mengalami pending tahun 2022. Analisis data menggunakan univariat, uji Chi-Square, dan regresi logistik ganda.
Hasil: Faktor yang menyebabkan pending klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta adalah ketidaklengkapan berkas klaim, ketidaktepatan kode diagnosis dan tindakan, dan ketidaksesuaian diagnosis. Hasil uji Chi-Square menunjukkan ada hubungan antara kelengkapan berkas klaim (p=0,001) PR 8,404, ketepatan kode diagnosis dan tindakan (p=0,026) PR 3,500, dan kesesuaian diagnosis (p=0,005) PR 0,308. Hasil uji regresi logistik ganda menunjukkan bahwa kelengkapan berkas klaim menjadi faktor paling dominan menyebabkan pending klaim konsensus (p=0,001) PR 11,806.
Kesimpulan: Ada hubungan antara kelengkapan berkas klaim, ketepatan kode diagnosis dan tindakan, dan kesesuaian diagnosis dengan status pending klaim. Faktor paling dominan menyebabkan status pending klaim adalah kelengkapan berkas klaim.
Kata Kunci: Pending Klaim, BPJS Kesehatan, Rawat Inap