PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TENTANG GINGIVITIS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PEROKOK

PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TENTANG GINGIVITIS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PEROKOK
2023-10-04
id
Thesis
text
ABSTRAK Latar Belakang: World Health Organization (WHO) 2021, menunjukan bahwa hampir 90% penduduk dunia menderita gingivitis. Provinsi Sulawesi Utara sebesar 66,5% dan merupakan salah satu provinsi dengan tingkat kesadaran dan pengetahuan yang masih rendah. Video animasi berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan tentang gingivitis. Tujuan: Diketahuinya pengaruh edukasi menggunakan media video animasi tentang gingivitis terhadap tingkat pengetahuan perokok. Metode: Jenis penelitiannya yaitu Quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent kontrol Group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2023, populasi 80 responden dengan teknik total sampling kriteria inklusi berusia 17-24 tahun, perokok, responden merupakan Anggota Organisasi Sendinganeng dan bersedia menjadi responden. Instrumen penelitian yaitu kuisioner. Variabel Independent: Edukasi menggunakan video animasi dan pembelajaran model konvensional Variabel dependent: Tingkat pengetahuan tentang gingivitis. Hasil: Tingkat pengetahuan gingivitis dengan kategori baik kelompok eksperimen mengalami kenaikan 76% sebelum diberi perlakuan kategori baik 8% dan pada kelompok kontrol mengalami kenaikan menjadi 28% dari 4% sebelum diberi perlakuan. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), sehingga disimpulkan terdapat pengaruh bermakna antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap tingkat pengetahuan gingivitis responden. Hasil analisis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukan adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai p=0,00 (p<0,05). Kesimpulan: Edukasi menggunakan media video animasi akan meningkatkan tingkat pengetahuan tentang gingivitis pada perokok Kata Kunci: Video animasi, pengetahuan, gingivitis