GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN
PENDAFTARAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM QUEEN LATIFA
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN
PENDAFTARAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM QUEEN LATIFA
2023-06-13
id
Thesis
text
Latar Belakang: Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting
untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di suatu rumah
sakit. Apabila tingkat kepuasan pasien di rumah sakit rendah maka tidak menutup
kemungkinan pasien tidak ingin kembali lagi ke rumah sakit tersebut. Hal ini juga
sangat berpengaruh dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan pasien di pelayanan pendaftaran rumah sakit
Umum Queen Latifa.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum
Queen Latifa berjumlah 100 pasien dengan teknik purposive sampling dengan
kriteria usia minimal 12 tahun pasien yang sudah menjalani serangkaian
pemeriksaan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 – 16 Mei 2023.
Hasil: Tingkat kepuasan pasien di pelayanan rawat jalan merasa puas pada dimensi
Tangibles sebesar 53%, Responsivness sebesar 68%, Reliability sebesar 63%,
Assurance sebesar 69%, dan Emphaty sebesar 70%.
Kesimpulan: Pada setiap dimensi dapat diketahui bahwa sebagian besar pasien
menyatakan puas, dengan kepuasan tertinggi pada dimensi Empthaty.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Service Quality, Pasien Rawat Jalan