PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA REMAJA

PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA REMAJA
2023-09-25
en
Article
text
PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA REMAJA Sri Mutiara Sasmita Losung*, Wiworo Haryani, Aryani Widayati Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Kyai Mojo, No.54 Bener, Tegalrejo, Yogyakarta *email: mutiaralosung05@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: salah satu penyebab terjadinya karies gigi pada remaja adalah perilaku atau sikap yang mengabaikan kebersihan gigi dan mulut. prevalensi nasional masalah kesehatan gigi dan mulut adalah 57,6% penduduk Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati urutan kelima provinsi yang memiliki prevalensi nasional yaitu mencapai 65% dengan proporsi masalah gigi berlubang sebesar 47,7%. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki sehingga perlu adanya upaya pemberian promosi menggunakan media video animasi. video animasi merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis computer yang bertujuan untuk memaksimalkan efek vidual dan memberikan interaksi berkelanjutan sehingga pemahaman bahan ajar meningkat. Tujuan: Diketahuinya pengaruh menggunakan media video animasi terhadap pengetahuan karies gigi pada remaja. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasy Experiment Design) dengan rancangan Pretest Posttest Whit Control Group. Populasinya siswa kelas XI MIPA 1 dan siswa kelas XI MIPA 2. Pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling dan di dapatkan sampel sebanyak 72 siswa. Siswa terbagi dalam kelompok eksperimen 32 siswa dan kelompok kontrol 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2023, Analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media dan uji Mann Whitney untuk mengetahui adanya perbedaan penggunaan media pada kelompok eksperimen dan kontrol Hasil: kelompok eksperimen mengalami rata-rata peningkatan pengetahuan dari 11,1 menjadi 69,4 sedangkan kelompok kontrol dari 13,9 menjadi 33,3, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan kenaikan pangkat, hasil uji wilcoxon juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan nilai p=0.00 analisis Mann Whitney p=0.00 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara promosi menggunakan media video animasi dengan promosi konvensional. Kesimpulan: promosi menggunakan media video animasi dapat meningkatkan pengetahuan karies gigi pada remaja Kata Kunci: Kartu video Animasi, Pengetahuan, Siswa SMA