HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KECERDASAN
INTELEKTUAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DI SD KANISIUS PUGERAN TAHUN 2016
HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KECERDASAN
INTELEKTUAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DI SD KANISIUS PUGERAN TAHUN 2016
2017-08-09
id
Thesis
text
Latar Belakang, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia saat ini masih
tertinggal dibandingkan negara lain, salah satu penyebabnya adalah kecerdasan
intelektual. Kecerdasan intelektual di pengaruhi oleh status gizi, genetik,
pendidikan dan pendapatan orang tua. Status gizi merupakan faktor yang paling
berpengaruh terhadap kecerdasan intelektual. Status gizi kurang pada usia muda
dapat berpengaruh terhadap kemampuan berfikir dan berdampak terhadap
rendahnya IQ.
Tujuan, untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kecerdasan intelektual
pada anak sekolah dasar.
Metode, jenis penelitian analitik observasional dengan menggunakan desain cross
sectional. Subjek penelitian adalah siswa SD Kanisius Pugeran kelas I, II, dan VI
berjumlah 71 siswa. Pengambilan data primer menggunakan angket berupa
pendidikan dan pendapatan orang tua dan data skunder menggunakan dokumen
siswa berupa skor IQ dan status gizi siswa. Analisis data mengunakan chi-quare.
Hasil, responden dengan status gizi kurang terdapat 1 (1,4%) siswa dan 4 (5,6%)
siswa dengan status gizi normal dan gemuk memiliki IQ dibawah rata-rata. Status
gizi memiliki hubungan yang signifikan dengan kecerdasan intelektual (p-
value=0,000) dengan RP=2,1 (95% CI 1,1- 4,1).
Kesimpulan, ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kecerdasan
intelektual pada anak sekolah dasar. Seorang anak dengan status gizi kurang
berisiko 2,1 untuk mendapatkan IQ di bawah rata-rata.
Kata Kunci : Status gizi, kecerdasan intelektual, anak