PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PRINSIP 3J (JUMLAH, JENIS, JADWAL) TERHADAP PENGETAHUAN GIZI DAN SIKAP TENTANG ATURAN MAKAN PENYANDANG DIABETES MELITUS

PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PRINSIP 3J (JUMLAH, JENIS, JADWAL) TERHADAP PENGETAHUAN GIZI DAN SIKAP TENTANG ATURAN MAKAN PENYANDANG DIABETES MELITUS
2024-04-26
en
Thesis
text
PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PRINSIP 3J (JUMLAH, JENIS, JADWAL) TERHADAP PENGETAHUAN GIZI DAN SIKAP TENTANG ATURAN MAKAN PENYANDANG DIABETES MELITUS Fitriyatul Munawarroh1, Idi Setiyobroto2, Nugraheni Tri Lestari3 1,2,3Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Tatabumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email : Fittymw@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang : Diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular yang keberadaannya mendapatkan banyak perhatian. Meningkatnya prevalensi diabetes melitus dapat disebabkan oleh faktor yang dapat dimodifikasi dan tidak dapat dimodifikasi. Berbagai macam upaya penanggulangan terhadap diabetes melitus telah banyak dilakukan, salah satunya adalah dengan melalui edukasi gizi. Penggunaan media dalam edukasi gizi bertujuan untuk mempermudah proses penyampaian informasi, salah satu jenis media yang dapat digunakan adalah video. Video merupakan jenis media audio visual yang memiliki kelebihan diantaranya dapat digunakan untuk belajar mandiri dan memungkinkan penyesuaian klien, cocok untuk sasaran dalam jumlah sedang dan kecil, menghemat waktu, serta dapat diputar berulang-ulang. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan media video animasi prinsip 3J (Jumlah, Jenis, Jadwal) terhadap pengetahuan dan sikap penyandang diabetes melitus. Metode : Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest. Subjek penelitian adalah penyandang diabetes melitus peserta prolanis Puskesmas Gamping 1 berjumlah 30 orang. Hasil : Pada penelitian ini jumlah responden perempuan lebih banyak yaitu 19 orang (63,3%) dibandingkan dengan responden laki-laki sebanyak 11 orang (36,7%). Terdapat peningkatan nilai rata-rata pretest dan post-test pengetahuan dan sikap responden. Pada variabel pengetahuan, nilai rata-rata responden sebelum diberikan intervensi adalah 9,07 meningkat menjadi 11,70 setelah diberikan intervensi. Sedangkan pada variabel sikap, nilai rata-rata responden sebelum diberikan intervensi adalah 83,56 meningkat menjadi 92,13 setelah diberikan intervensi. Hasil analisis dengan uji wilcoxon didapatkan nilai p-value sebesar 0,001 (<0,05). Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi gizi menggunakan media video animasi prinsip 3J (Jumlah, Jenis, Jadwal) terhadap pengetahuan gizi dan sikap tentang aturan makan pada penyandang diabetes melitus. Kata Kunci : Diabetes melitus, Edukasi Gizi, Video Animasi